Vii Di Mts Sunan Ampel Semanding Tertek Pare Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020
ctrlnum |
1582 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/</relation><title>Vii Di Mts Sunan Ampel Semanding Tertek
Pare Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020</title><creator>Syarifah, Bidayatus</creator><subject>13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa Tahfidz Al-Quran
semakin banyak diterapkan di lembaga pendidikan Islam, termasuk di MTs Sunan
Ampel Semanding Tertek Pare Kediri. Keberhasilan dari hafalan Al-Quran ini
salah satunya ditentukan oleh upaya guru yang disusun secara khusus untuk
meningkatkan motivasi hafalan siswa tersebut. Maka dari itu penting bagi seorang
guru untuk bisa memilih dan menggunakan metode yang tepat dalam
meningkatkan motivasi hafalan Al-Quran. Fokus penelitian dalam skripsi ini
adalah (1) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan motivasi tahfidz Al-Quran
di MTs Sunan Ampel Semanding Tertek Pare Kediri? (2) Bagaimana metode
yang digunakan guru dalam meningkatkan tahfidz Al-Quran di MTs Sunan Ampel
Semanding Tertek Pare Kediri? (3) Apa saja faktor yang menghambat dalam
meningkatkan motivasi tahfidz Al-Quran di MTs Sunan Ampel Semanding Tertek
Pare Kediri? (4) Apa saja faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi tahfidz
Al-Quran di MTs Sunan Ampel Semanding Tertek Pare Kediri?
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) observasi; (2) wawancara;
dan (3) dokumentasi. Untuk analisis data penerapannya dilakukan dalam tiga alur
kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau
verifikasi. Untuk mengetahui kredibilitas data, dilakukan dengan teknik
triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Upaya guru dalam meningkatkan
motivasi tahfidz Al-Quran yaitu memberikan pujian, memberikan hukuman.
Kedua, Metode guru dalam meningkatkan tahfidz Al-Quran yaitu SAQ (sambung
ayat al-Quran), membetulkan bacaan anak didiknya ketika menyetorkan hafalan,
dan monitoring. Kegiatan hafalan dilaksanakan mulai pukul 07.00 - 08.30 WIB.
Ketiga, Faktor yang menghambat dalam meningkatkan motivasi tahfidz Al-Quran
yaitu kemampuan membaca dan menghafal setiap anak yang berbeda,
management waktu siswa. Keempat faktor yang mendukung yaitu
motivasi/semangat anak-anak yang kuat, pertemuan antara guru dan murid yang
sangat intensif, dan rasa tanggung jawab anak dalam menjalankan tugas.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/1/932106015_Pra%20Bab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/2/932106015_Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/3/932106015_Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/4/932106015_Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/5/932106015_Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/6/932106015_Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/7/932106015_Bab%206.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/8/932106015_Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/9/932106015_Lampiran.pdf</identifier><identifier> Syarifah, Bidayatus (2020) Vii Di Mts Sunan Ampel Semanding Tertek Pare Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI. </identifier><recordID>1582</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Syarifah, Bidayatus |
title |
Vii Di Mts Sunan Ampel Semanding Tertek
Pare Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020 |
publishDate |
2020 |
topic |
13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) |
url |
http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/1/932106015_Pra%20Bab.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/2/932106015_Bab%201.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/3/932106015_Bab%202.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/4/932106015_Bab%203.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/5/932106015_Bab%204.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/6/932106015_Bab%205.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/7/932106015_Bab%206.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/8/932106015_Daftar%20Pustaka.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/9/932106015_Lampiran.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/ |
contents |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa Tahfidz Al-Quran
semakin banyak diterapkan di lembaga pendidikan Islam, termasuk di MTs Sunan
Ampel Semanding Tertek Pare Kediri. Keberhasilan dari hafalan Al-Quran ini
salah satunya ditentukan oleh upaya guru yang disusun secara khusus untuk
meningkatkan motivasi hafalan siswa tersebut. Maka dari itu penting bagi seorang
guru untuk bisa memilih dan menggunakan metode yang tepat dalam
meningkatkan motivasi hafalan Al-Quran. Fokus penelitian dalam skripsi ini
adalah (1) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan motivasi tahfidz Al-Quran
di MTs Sunan Ampel Semanding Tertek Pare Kediri? (2) Bagaimana metode
yang digunakan guru dalam meningkatkan tahfidz Al-Quran di MTs Sunan Ampel
Semanding Tertek Pare Kediri? (3) Apa saja faktor yang menghambat dalam
meningkatkan motivasi tahfidz Al-Quran di MTs Sunan Ampel Semanding Tertek
Pare Kediri? (4) Apa saja faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi tahfidz
Al-Quran di MTs Sunan Ampel Semanding Tertek Pare Kediri?
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) observasi; (2) wawancara;
dan (3) dokumentasi. Untuk analisis data penerapannya dilakukan dalam tiga alur
kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau
verifikasi. Untuk mengetahui kredibilitas data, dilakukan dengan teknik
triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Upaya guru dalam meningkatkan
motivasi tahfidz Al-Quran yaitu memberikan pujian, memberikan hukuman.
Kedua, Metode guru dalam meningkatkan tahfidz Al-Quran yaitu SAQ (sambung
ayat al-Quran), membetulkan bacaan anak didiknya ketika menyetorkan hafalan,
dan monitoring. Kegiatan hafalan dilaksanakan mulai pukul 07.00 - 08.30 WIB.
Ketiga, Faktor yang menghambat dalam meningkatkan motivasi tahfidz Al-Quran
yaitu kemampuan membaca dan menghafal setiap anak yang berbeda,
management waktu siswa. Keempat faktor yang mendukung yaitu
motivasi/semangat anak-anak yang kuat, pertemuan antara guru dan murid yang
sangat intensif, dan rasa tanggung jawab anak dalam menjalankan tugas. |
id |
IOS6979.1582 |
institution |
IAIN Kediri |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
2572 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Kediri |
library_id |
2008 |
collection |
etheses IAIN Kediri |
repository_id |
6979 |
subject_area |
pendidikan ekonomi dan bisnis syariah dakwah |
city |
KOTA KEDIRI |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6979 |
first_indexed |
2020-11-20T08:41:55Z |
last_indexed |
2021-03-26T11:51:48Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1695295575442849792 |
score |
17.538404 |