ctrlnum 1582
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/</relation><title>Vii Di Mts Sunan Ampel Semanding Tertek&#xD; Pare Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020</title><creator>Syarifah, Bidayatus</creator><subject>13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa Tahfidz Al-Quran&#xD; semakin banyak diterapkan di lembaga pendidikan Islam, termasuk di MTs Sunan&#xD; Ampel Semanding Tertek Pare Kediri. Keberhasilan dari hafalan Al-Quran ini&#xD; salah satunya ditentukan oleh upaya guru yang disusun secara khusus untuk&#xD; meningkatkan motivasi hafalan siswa tersebut. Maka dari itu penting bagi seorang&#xD; guru untuk bisa memilih dan menggunakan metode yang tepat dalam&#xD; meningkatkan motivasi hafalan Al-Quran. Fokus penelitian dalam skripsi ini&#xD; adalah (1) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan motivasi tahfidz Al-Quran&#xD; di MTs Sunan Ampel Semanding Tertek Pare Kediri? (2) Bagaimana metode&#xD; yang digunakan guru dalam meningkatkan tahfidz Al-Quran di MTs Sunan Ampel&#xD; Semanding Tertek Pare Kediri? (3) Apa saja faktor yang menghambat dalam&#xD; meningkatkan motivasi tahfidz Al-Quran di MTs Sunan Ampel Semanding Tertek&#xD; Pare Kediri? (4) Apa saja faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi tahfidz&#xD; Al-Quran di MTs Sunan Ampel Semanding Tertek Pare Kediri?&#xD; Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.&#xD; Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) observasi; (2) wawancara;&#xD; dan (3) dokumentasi. Untuk analisis data penerapannya dilakukan dalam tiga alur&#xD; kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau&#xD; verifikasi. Untuk mengetahui kredibilitas data, dilakukan dengan teknik&#xD; triangulasi.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Upaya guru dalam meningkatkan&#xD; motivasi tahfidz Al-Quran yaitu memberikan pujian, memberikan hukuman.&#xD; Kedua, Metode guru dalam meningkatkan tahfidz Al-Quran yaitu SAQ (sambung&#xD; ayat al-Quran), membetulkan bacaan anak didiknya ketika menyetorkan hafalan,&#xD; dan monitoring. Kegiatan hafalan dilaksanakan mulai pukul 07.00 - 08.30 WIB.&#xD; Ketiga, Faktor yang menghambat dalam meningkatkan motivasi tahfidz Al-Quran&#xD; yaitu kemampuan membaca dan menghafal setiap anak yang berbeda,&#xD; management waktu siswa. Keempat faktor yang mendukung yaitu&#xD; motivasi/semangat anak-anak yang kuat, pertemuan antara guru dan murid yang&#xD; sangat intensif, dan rasa tanggung jawab anak dalam menjalankan tugas.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/1/932106015_Pra%20Bab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/2/932106015_Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/3/932106015_Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/4/932106015_Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/5/932106015_Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/6/932106015_Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/7/932106015_Bab%206.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/8/932106015_Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/9/932106015_Lampiran.pdf</identifier><identifier> Syarifah, Bidayatus (2020) Vii Di Mts Sunan Ampel Semanding Tertek Pare Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI. </identifier><recordID>1582</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Syarifah, Bidayatus
title Vii Di Mts Sunan Ampel Semanding Tertek Pare Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020
publishDate 2020
topic 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
url http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/1/932106015_Pra%20Bab.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/2/932106015_Bab%201.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/3/932106015_Bab%202.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/4/932106015_Bab%203.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/5/932106015_Bab%204.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/6/932106015_Bab%205.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/7/932106015_Bab%206.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/8/932106015_Daftar%20Pustaka.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/9/932106015_Lampiran.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1582/
contents Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa Tahfidz Al-Quran semakin banyak diterapkan di lembaga pendidikan Islam, termasuk di MTs Sunan Ampel Semanding Tertek Pare Kediri. Keberhasilan dari hafalan Al-Quran ini salah satunya ditentukan oleh upaya guru yang disusun secara khusus untuk meningkatkan motivasi hafalan siswa tersebut. Maka dari itu penting bagi seorang guru untuk bisa memilih dan menggunakan metode yang tepat dalam meningkatkan motivasi hafalan Al-Quran. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan motivasi tahfidz Al-Quran di MTs Sunan Ampel Semanding Tertek Pare Kediri? (2) Bagaimana metode yang digunakan guru dalam meningkatkan tahfidz Al-Quran di MTs Sunan Ampel Semanding Tertek Pare Kediri? (3) Apa saja faktor yang menghambat dalam meningkatkan motivasi tahfidz Al-Quran di MTs Sunan Ampel Semanding Tertek Pare Kediri? (4) Apa saja faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi tahfidz Al-Quran di MTs Sunan Ampel Semanding Tertek Pare Kediri? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) observasi; (2) wawancara; dan (3) dokumentasi. Untuk analisis data penerapannya dilakukan dalam tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk mengetahui kredibilitas data, dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Upaya guru dalam meningkatkan motivasi tahfidz Al-Quran yaitu memberikan pujian, memberikan hukuman. Kedua, Metode guru dalam meningkatkan tahfidz Al-Quran yaitu SAQ (sambung ayat al-Quran), membetulkan bacaan anak didiknya ketika menyetorkan hafalan, dan monitoring. Kegiatan hafalan dilaksanakan mulai pukul 07.00 - 08.30 WIB. Ketiga, Faktor yang menghambat dalam meningkatkan motivasi tahfidz Al-Quran yaitu kemampuan membaca dan menghafal setiap anak yang berbeda, management waktu siswa. Keempat faktor yang mendukung yaitu motivasi/semangat anak-anak yang kuat, pertemuan antara guru dan murid yang sangat intensif, dan rasa tanggung jawab anak dalam menjalankan tugas.
id IOS6979.1582
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2020-11-20T08:41:55Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:48Z
recordtype dc
_version_ 1695295575442849792
score 17.538404