Daftar Isi:
  • Pembelajaran dikelas erat kaitannya dengan metode pembelajaran yang digunakan guru. MAN 1 Kediri merupakan salah satu sekolah dengan metode belajar yang terbilang baru bagi dunia pendidikan. Salah satunya, adalah penggunaan metode Project Based Learning pada mata pelajaran Qur’an Hadits. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bagaimana pelaksanaan metode Project Based Learning pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MAN 1 Kediri; 2) Bagaimana respon siswa dalam penerapan metode Project Based Learning mata pelajaran Qur’an Hadits di MAN 1 Kediri; 3) Apa saja hambatan pelaksanaan metode Project Based Learning mata pelajaran Qur’an Hadits di MAN 1 Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Penelitian dilakukan di MAN 1 Kediri. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Guru Qur’an Hadits, Guru Kesenian, Guru Fisika, Siswa, Waka Kurikulum, serta Kepala Sekolah. Analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Dalam pelaksanaan penggunaan metode Project Based Learning mata pelajaran Qur’an Hadits di MAN 1 Kediri terlaksana melalui tiga tahapan : a) tahap perencanaan berupa RPP; b) pelaksanaan disertai dengan rangkuman siswa serta analisis siswa terhadap tafsiran ayat; dan c) evaluasi dilakukan oleh siswa dengan penilaian teman sejawat serta guru dengan penilaian keseharian. 2) Respon yang diberikan peserta didik ada dua, yaitu: a) menerima. Karena, pembelajaran yang menyenangkan dan suasana kelas tidak tegang; b) menolak. Karena, pembelajaran mengharuskan siswa mengerjakan sesuai jadwal yang ditentukan 3) Hambatan internal yaitu dari proses pengetikan serta tidak terdapat hambatan eksternal.