ctrlnum 1519
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1519/</relation><title>Penerapan Metode Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Qur&#x2019;an Hadits Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018 Di MAN 1 Kediri</title><creator>Septiana, Lilis Khumaida</creator><subject>13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)</subject><subject>130309 Learning Sciences</subject><description>Pembelajaran dikelas erat kaitannya dengan metode pembelajaran yang digunakan guru. MAN 1 Kediri merupakan salah satu sekolah dengan metode belajar yang terbilang baru bagi dunia pendidikan. Salah satunya, adalah penggunaan metode Project Based Learning pada mata pelajaran Qur&#x2019;an Hadits. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bagaimana pelaksanaan metode Project Based Learning pada mata pelajaran Qur&#x2019;an Hadits di MAN 1 Kediri; 2) Bagaimana respon siswa dalam penerapan metode Project Based Learning mata pelajaran Qur&#x2019;an Hadits di MAN 1 Kediri; 3) Apa saja hambatan pelaksanaan metode Project Based Learning mata pelajaran Qur&#x2019;an Hadits di MAN 1 Kediri? &#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Penelitian dilakukan di MAN 1 Kediri. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Guru Qur&#x2019;an Hadits, Guru Kesenian, Guru Fisika, Siswa, Waka Kurikulum, serta Kepala Sekolah. Analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. &#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Dalam pelaksanaan penggunaan metode Project Based Learning mata pelajaran Qur&#x2019;an Hadits di MAN 1 Kediri terlaksana melalui tiga tahapan : a) tahap perencanaan berupa RPP; b) pelaksanaan disertai dengan rangkuman siswa serta analisis siswa terhadap tafsiran ayat; dan c) evaluasi dilakukan oleh siswa dengan penilaian teman sejawat serta guru dengan penilaian keseharian. 2) Respon yang diberikan peserta didik ada dua, yaitu: a) menerima. Karena, pembelajaran yang menyenangkan dan suasana kelas tidak tegang; b) menolak. Karena, pembelajaran mengharuskan siswa mengerjakan sesuai jadwal yang ditentukan 3) Hambatan internal yaitu dari proses pengetikan serta tidak terdapat hambatan eksternal.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1519/1/932113614_PRABAB.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1519/2/932113614_BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1519/3/932113614_BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1519/4/932113614_BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1519/5/932113614_BAB%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1519/6/932113614_BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1519/7/932113614_BAB%206.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1519/8/932113614_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1519/9/932113614_LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Septiana, Lilis Khumaida (2018) Penerapan Metode Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Qur&#x2019;an Hadits Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018 Di MAN 1 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1519</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Septiana, Lilis Khumaida
title Penerapan Metode Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018 Di MAN 1 Kediri
publishDate 2018
topic 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
130309 Learning Sciences
url http://etheses.iainkediri.ac.id/1519/1/932113614_PRABAB.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1519/2/932113614_BAB%201.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1519/3/932113614_BAB%202.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1519/4/932113614_BAB%203.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1519/5/932113614_BAB%204.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1519/6/932113614_BAB%205.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1519/7/932113614_BAB%206.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1519/8/932113614_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1519/9/932113614_LAMPIRAN.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1519/
contents Pembelajaran dikelas erat kaitannya dengan metode pembelajaran yang digunakan guru. MAN 1 Kediri merupakan salah satu sekolah dengan metode belajar yang terbilang baru bagi dunia pendidikan. Salah satunya, adalah penggunaan metode Project Based Learning pada mata pelajaran Qur’an Hadits. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bagaimana pelaksanaan metode Project Based Learning pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MAN 1 Kediri; 2) Bagaimana respon siswa dalam penerapan metode Project Based Learning mata pelajaran Qur’an Hadits di MAN 1 Kediri; 3) Apa saja hambatan pelaksanaan metode Project Based Learning mata pelajaran Qur’an Hadits di MAN 1 Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Penelitian dilakukan di MAN 1 Kediri. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Guru Qur’an Hadits, Guru Kesenian, Guru Fisika, Siswa, Waka Kurikulum, serta Kepala Sekolah. Analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Dalam pelaksanaan penggunaan metode Project Based Learning mata pelajaran Qur’an Hadits di MAN 1 Kediri terlaksana melalui tiga tahapan : a) tahap perencanaan berupa RPP; b) pelaksanaan disertai dengan rangkuman siswa serta analisis siswa terhadap tafsiran ayat; dan c) evaluasi dilakukan oleh siswa dengan penilaian teman sejawat serta guru dengan penilaian keseharian. 2) Respon yang diberikan peserta didik ada dua, yaitu: a) menerima. Karena, pembelajaran yang menyenangkan dan suasana kelas tidak tegang; b) menolak. Karena, pembelajaran mengharuskan siswa mengerjakan sesuai jadwal yang ditentukan 3) Hambatan internal yaitu dari proses pengetikan serta tidak terdapat hambatan eksternal.
id IOS6979.1519
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2020-10-17T22:30:51Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:45Z
recordtype dc
_version_ 1695295575176511488
score 17.538404