Daftar Isi:
  • Mata pelajaran Fikih kelas X merupakan salah satu pelajaran di MAN 1 Kota Kediri yang memanfaatkan media belajar dalam pembelajarannya tiap kali tatap muka. Hasil belajar Fikih yang diperoleh siswa kelas X ini pun juga menunjukkan hasil yang memuaskan. Hal ini merupakan salah satu upaya guru dalam merealisasikan visi-misi sekolah, yakni senantiasa terbuka terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu upaya yang telah dilakukan sekolah dalam meningkatkan minat siswa, efektivitas dan efisiensi belajar siswa adalah dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk (1)mengetahui seberapa besar hubungan persepsi siswa tentang manfaat multimedia dalam pembelajaran dengan hasil belajar Fikih kelas X, (2) mengetahui seberapa besar hubungan minat belajar dengan hasil belajar Fikih, (3) serta mengetahui seberapa besar hubungan persepsi siswa tentang manfaat multimedia dalam pembelajaran, secara simultan, terhadap hasil belajar Fikih. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan teknik survey. Jumlah sampel dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan tabel populasi dan sampel sebanyak 172 responden pada kelas X MAN 1 Kota Kediri tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua metode yaitu metode angket dan metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi bergan dari Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hubungan antara persepsi siswa tentang manfaat multimedia dalam pembelajaran dengan hasil belajar diperoleh nilai koefisien korelasi (rhitung ) 0,189 > r tabel 0,148 dengan sumbangan efektifnya 3,6%, (2) hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar dieproleh nilai koefisien korelasi 0,189 > r tabel 0,148 dengan sumbangan efektifnya 3,6%, (3)hubungan antara persepsi siswa tentang manfaat multimedia dalam pembelajaran dan minat belajar dengan hasil belajar diperoleh nilai koefisien korelasi (rhitung) sebesar 0,389 > r tabel 0,148 dengan sumbangan efektifnya sebesar 15,2%.