Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Smk Plus Ar-Rahmah Papar Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini termotivasi oleh kurikulum yang menjadi salah satu komponen penting dalam pendidikan. Untuk menghasilkan suatu pendidikan yang berkualitas dan dapat dikatakan optimal, maka diperlukan adanya manajemen kurikulum secara profesional. Dengan diterapkannya manajemen kurikulum yang baik lembaga pendidikan tersebut dapat mencetak output yang bermutu dan berdaya saing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tahap-tahap manajemen kurikulum yang dilakukan oleh SMK Plus Ar-Rahmah Papar Kabupaten Kediri. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, sehingga hasil penelitian akan diolah dalam bentuk deskripsi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PAI, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, serta tiga siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan kurikulum di SMK Plus Ar-Rahmah diawali dengan pembentukan tim penyusun, kemudian melakukan analisis kebutuhan, merumuskan dan menjawab pertanyaan filosofis, menentukan desain kurikulum, serta membuat rencana induk, 2) Tahap pengorganisasian dilakukan dengan menentukan jadwal mengajar guru, jadwal pelajaran, ekstrakurikuler, dan pengembangan kinerja guru, 3) Pelaksanaan kurikulum PAI dilakukan dengan mengembangkan RPP, menjabarkan materi, melakukan pembelajaran serta mengambil penilaian terhadap siswa, 4) Tahap terakhir dari manajemen kurikulum adalah pengendalian yang terdiri dari dua kegiatan yaitu pengawasan dan evaluasi.