Studi Komparasi Profesionalisme Kerja Guru Pns Dan Non Pns Di Mtsn 4 Nganjuk Tahun Ajaran 2018/2019
Daftar Isi:
- Profesionalime kerja guru merupakan keahlian guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya, profesionalitas guru diukur dengan menggunakan kompetensi. Dalam penelitian ini kompetensi yang akan diteliti adalah kompetensi profesinal. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui (1) Bagaimana Profesionalisme Kerja Guru PNS (2) Bagaimana Profesionalisme Kerja Guru Non PNS Dan (3) Apakah Terdapat Perbedaan Profesionalisme Kerja Guru PNS Dan Non PNS Di MTsN 4 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sampel 16 guru di MTsN Termas Baron Nganjuk dengan jumlah responden 31 orang. Instrumen penilitian yang digunakan adalah angket dan pengujian menggunakan komparasi dengan teknik analisis menggunakan man-whitny u-tes. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan profesionalitas kerja antara guru PNS dan Non PNS. Hasil penilitian ini menunjukan bahwa (1) rata-rata profesionalisme kerja guru PNS sebesar 66,63 dalam katagori sedang dengan sampel 8 dari 28 guru PNS yang mengacu pada pedoman interpretasi true score. (2) rata-rata profesionalisme kerja guru Non PNS sebesar 61,33 yang masuk pada kategori sedang dengan sampel 8 dari 15 guru Non PNS pada pedoman interpretasi true score. Dan (3) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara guru PNS dan Non PNS dengan perolehan nilai sig. . 0,114 yang lebih besar dari pada 0,05, maka hasil analisis yang dapat disimpulkan adalah tolak Ha dan terima H0. Hal ini menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan profesionalisme kerja guru PNS dan Non PNS di MTsN Termas Baron Nganjuk.