ctrlnum 1424
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1424/</relation><title>Dampak Penanaman Budaya Religius &#xD; Pada Peserta Didik&#xD; (Studi Kasus Di Sma Negeri 1 Purwoasri Kab. Kediri)</title><creator>Rosyadah, Alfina</creator><subject>130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development</subject><description>Pada era sekarang banyak terjadi permasalahan amoral yang menyimpang dari syariat agama. Guna mengatasi hal tersebut diperlukan alternatif solusi, yakni dengan memperkuat pendidikan agama melalui kegiatan-kegiatan keagamaan di lembaga pendidikan (budaya religius). Jadi dengan adanya penanaman budaya religius diharapkan dapat membentuk karakter, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik, memperkuat nilai ketauhidan, pengetahuan agama, serta praktik kegiatan keagamaan. &#xD; Adapun fokus penelitian yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan penanaman budaya religius di SMA Negeri 1 Purwoasri Kab. Kediri?. (2) Bagaimana dampak penanaman budaya religius pada peserta didik di SMA Negeri 1 Purwoasri Kab. Kediri?. &#xD; Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dan mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Purwoasri Kab. Kediri. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Mengenai analisis data peneliti menggunakan 3 cara yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. &#xD; Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pelaksanaan penanaman budaya religius yang ada di SMA Negeri 1 Purwoasri berjalan cukup baik. Adapun bentuk-bentuk kegiatannya yakni: (1) Aspek ibadah, berupa kegiatan rutin membaca Al-Qur&#x2019;an, berdo&#x2019;a sebelum dan sesudah pembelajaran, istighosah, shalat wajib berjama&#x2019;ah, shalat yang tidak wajib, kantin kejujuran dan ekstrakulikuler keagamaan. (2) Aspek sosial, berupa budaya 5 S, infaq, bakti sosial, pembagian zakat dan daging qurban. (3) Aspek keyakinan, berupa peringatan hari besar dan do&#x2019;a bersama. Dalam pelaksanaan budaya tersebut berdampak pula pada perilaku peserta didik yaitu lebih agamis, disiplin dan peduli sosial.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1424/1/pra%20bab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1424/2/bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1424/3/bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1424/4/bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1424/5/bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1424/6/bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1424/7/bab%206.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1424/8/daftar%20pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1424/9/lampiran.pdf</identifier><identifier> Rosyadah, Alfina (2020) Dampak Penanaman Budaya Religius Pada Peserta Didik (Studi Kasus Di Sma Negeri 1 Purwoasri Kab. Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI. </identifier><recordID>1424</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rosyadah, Alfina
title Dampak Penanaman Budaya Religius Pada Peserta Didik (Studi Kasus Di Sma Negeri 1 Purwoasri Kab. Kediri)
publishDate 2020
topic 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
url http://etheses.iainkediri.ac.id/1424/1/pra%20bab.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1424/2/bab%201.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1424/3/bab%202.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1424/4/bab%203.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1424/5/bab%204.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1424/6/bab%205.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1424/7/bab%206.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1424/8/daftar%20pustaka.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1424/9/lampiran.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1424/
contents Pada era sekarang banyak terjadi permasalahan amoral yang menyimpang dari syariat agama. Guna mengatasi hal tersebut diperlukan alternatif solusi, yakni dengan memperkuat pendidikan agama melalui kegiatan-kegiatan keagamaan di lembaga pendidikan (budaya religius). Jadi dengan adanya penanaman budaya religius diharapkan dapat membentuk karakter, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik, memperkuat nilai ketauhidan, pengetahuan agama, serta praktik kegiatan keagamaan. Adapun fokus penelitian yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan penanaman budaya religius di SMA Negeri 1 Purwoasri Kab. Kediri?. (2) Bagaimana dampak penanaman budaya religius pada peserta didik di SMA Negeri 1 Purwoasri Kab. Kediri?. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dan mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Purwoasri Kab. Kediri. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Mengenai analisis data peneliti menggunakan 3 cara yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pelaksanaan penanaman budaya religius yang ada di SMA Negeri 1 Purwoasri berjalan cukup baik. Adapun bentuk-bentuk kegiatannya yakni: (1) Aspek ibadah, berupa kegiatan rutin membaca Al-Qur’an, berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran, istighosah, shalat wajib berjama’ah, shalat yang tidak wajib, kantin kejujuran dan ekstrakulikuler keagamaan. (2) Aspek sosial, berupa budaya 5 S, infaq, bakti sosial, pembagian zakat dan daging qurban. (3) Aspek keyakinan, berupa peringatan hari besar dan do’a bersama. Dalam pelaksanaan budaya tersebut berdampak pula pada perilaku peserta didik yaitu lebih agamis, disiplin dan peduli sosial.
id IOS6979.1424
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2020-10-17T22:30:49Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:42Z
recordtype dc
_version_ 1695295574537928704
score 17.538404