Daftar Isi:
  • Kata Kunci: Model Student Team Achievement Divisions (STAD), Model Contextual Teaching And Learning (CTL) dan Sikap Ilmiah (Scientific Attitude) Sikap Ilmiah (Scientific Attitude) merupakan salah satu hal yang penting dalam suatu proses pembelajaran. Sikap Ilmiah (Scientific Attitude) dalam kegiatan pembelajaran mengindikasikan bahwa setiap individu mempunyai sikap rasa ingin tahu, objektif terhadap data dan fakta, berfikir kritis, penemuan dan kreatifitas, berpikiran terbuka dan kerjasama, dan peka terhadap lingkungan yang tinggi.. Ada dua faktor yang mempengaruhi sikap ilmiah (Scientific Attitude) siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu jenis ras atau keturunan, jenis kelamin, sifat fisik, kepribadian, bakat, dan intelegensia. Sedangkan faktor eksternal yaitu pendidikan, agama, kebudayaan lingkungan dan sosial ekonomi. Untuk itu penulis melakukan penelitian tentang perbedaan Sikap Ilmiah (Scientific Attitude) siswa dengan menggunkan Model Student Team Achievement Divisions (STAD) dan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) kelas VIII di MTs Negeri 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian komparatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Kediri yang berjumlah 352 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E yang berjumlah 43 siswa dan VIII F yang berjumlah 43 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan menggunkan metode angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis data statistik menggunakan rumus Median Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Sikap Ilmiah (Scientific Attitude) dengan menggunakan menggunkan Model Student Team Achievement Divisions (STAD) kelas VIII E di MTs Negeri 3 Kediri tergolong sangat tinggi dengan ratarata 98,8837. 2) Sikap Ilmiah (Scientific Attitude) dengan menggunakan menggunkan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) kelas VIII F di MTs Negeri 3 Kediri tergolong tinggi dengan rata-rata 92,7209. 3) Tidak terdapat perbedaan sikap ilmiah (Scientific Attitude) siswa dengan menggunkan Model Student Team Achievement Divisions (STAD) Dan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) kelas VIII E dan VIII F di MTs Negeri 3 Kediri karena skor Exact Signifikansi 0,270 ≥ 0,05 (taraf nyata) yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak.