ctrlnum 1234
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1234/</relation><title>MANAJEMEN SUMBER DAYA PENDIDIK &#xD; DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN &#xD; DI MTsN8 KABUPATEN KEDIRI</title><creator>RAMADHANI, BEAUTY FITHRI</creator><subject>130313 Teacher Education and Professional Development of Educators</subject><description>Kata Kunci:Manajemen Sumber Daya Pendidik dan Mutu Pendidikan &#xD; Bagi setiap lembaga pendidikan,mutu merupakan hal yang utama. Tugas yang sangatpenting dari lembaga &#xD; pendidikan adalah meningkatkan mutu. Pendidik merupakan komponen yang dapat mempengaruhi proses serta hasil pendidikan yang bermutu. Pendidik merupakan salah satu penentu keberhasilan pendidikan serta merupakan sumberdaya manusia yang mampu mendayagunakan faktor- faktor lainnya sehingga menjadi penentu mutu pendidikan. Sumberdaya pendidik harus dikelola dengan baik agar mudah mencapai tujuan pendidikan,sehingga manajemen sangatlah penting dalam lembaga pendidikan. Dalam meningkatkan mutu pendidikan perlu manajemen sumberdaya pendidik yang berfungsi sebagai pengatur dan pengelola pendidikan,sehingga dihasilkan pendidikan yang bermutu dan berkualitas.Olehkarena itu,rumusan yang harus dijawab adalah 1) bagaimana proses rekrutmen pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN8 KabupatenKediri? 2) bagaimana bentuk pemberdayaan pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN8 Kabupaten Kediri? 3) bagaimana evaluasi kinerja pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN8 Kabupaten Kediri. Pada penelitian ini,peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Untuk pengumpulan data,peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data,penyajian data,dan penarikan kesimpulan.Tahap-tahap penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu tahap pra-lapangan,tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Hasil penelitian ini dihasilkan tiga temuan:1)Proses rekrutmen diawali dengan menentukan jabatan guru yang kosong. Dilakukan seleksi berkas lamaran yang masuk dibagian tatausaha.Jika berkas lamaran memenuhi syarat,maka dilakukan wawancara dengan calon pendidik. Kemudian pihak madrasah mengadakan musyawarah untuk menentukan calon pendidik yang diterima. 2) Bentuk pemberdayaan yang dilakukan di MTsN8 Kediri yaitu pembinaan secara langsung oleh kepala madrasah mengenai tugas pokok guru dan fungsinya. Selain itu, mengadakan &#xD; x &#xD; workshop,diklat,dan MGMP(MusyawarahGuruMataPelajaran). 3) Evaluasi kinerja pendidik yang dilakukan kepala madrasah dengan melihat perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, melakukan kunjungan kelas dan berdasarkan penilaian teman sejawat. Selain itu, untuk evaluasi kinerja pendidik juga melalui instrumen PKG(PenilaianKinerjaGuru).</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1234/8/932103414_Pra%20Bab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1234/9/932103414_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1234/10/932103414_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1234/11/932103414_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1234/12/932103414_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1234/13/932103414_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1234/14/932103414_BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1234/15/932103414_Lampiran%201.pdf</identifier><identifier> RAMADHANI, BEAUTY FITHRI (2018) MANAJEMEN SUMBER DAYA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTsN8 KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1234</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author RAMADHANI, BEAUTY FITHRI
title MANAJEMEN SUMBER DAYA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTsN8 KABUPATEN KEDIRI
publishDate 2018
topic 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
url http://etheses.iainkediri.ac.id/1234/8/932103414_Pra%20Bab.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1234/9/932103414_BAB%20I.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1234/10/932103414_BAB%20II.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1234/11/932103414_BAB%20III.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1234/12/932103414_BAB%20IV.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1234/13/932103414_BAB%20V.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1234/14/932103414_BAB%20VI.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1234/15/932103414_Lampiran%201.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1234/
contents Kata Kunci:Manajemen Sumber Daya Pendidik dan Mutu Pendidikan Bagi setiap lembaga pendidikan,mutu merupakan hal yang utama. Tugas yang sangatpenting dari lembaga pendidikan adalah meningkatkan mutu. Pendidik merupakan komponen yang dapat mempengaruhi proses serta hasil pendidikan yang bermutu. Pendidik merupakan salah satu penentu keberhasilan pendidikan serta merupakan sumberdaya manusia yang mampu mendayagunakan faktor- faktor lainnya sehingga menjadi penentu mutu pendidikan. Sumberdaya pendidik harus dikelola dengan baik agar mudah mencapai tujuan pendidikan,sehingga manajemen sangatlah penting dalam lembaga pendidikan. Dalam meningkatkan mutu pendidikan perlu manajemen sumberdaya pendidik yang berfungsi sebagai pengatur dan pengelola pendidikan,sehingga dihasilkan pendidikan yang bermutu dan berkualitas.Olehkarena itu,rumusan yang harus dijawab adalah 1) bagaimana proses rekrutmen pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN8 KabupatenKediri? 2) bagaimana bentuk pemberdayaan pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN8 Kabupaten Kediri? 3) bagaimana evaluasi kinerja pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN8 Kabupaten Kediri. Pada penelitian ini,peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Untuk pengumpulan data,peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data,penyajian data,dan penarikan kesimpulan.Tahap-tahap penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu tahap pra-lapangan,tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Hasil penelitian ini dihasilkan tiga temuan:1)Proses rekrutmen diawali dengan menentukan jabatan guru yang kosong. Dilakukan seleksi berkas lamaran yang masuk dibagian tatausaha.Jika berkas lamaran memenuhi syarat,maka dilakukan wawancara dengan calon pendidik. Kemudian pihak madrasah mengadakan musyawarah untuk menentukan calon pendidik yang diterima. 2) Bentuk pemberdayaan yang dilakukan di MTsN8 Kediri yaitu pembinaan secara langsung oleh kepala madrasah mengenai tugas pokok guru dan fungsinya. Selain itu, mengadakan x workshop,diklat,dan MGMP(MusyawarahGuruMataPelajaran). 3) Evaluasi kinerja pendidik yang dilakukan kepala madrasah dengan melihat perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, melakukan kunjungan kelas dan berdasarkan penilaian teman sejawat. Selain itu, untuk evaluasi kinerja pendidik juga melalui instrumen PKG(PenilaianKinerjaGuru).
id IOS6979.1234
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2020-07-08T12:59:58Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:39Z
recordtype dc
_version_ 1695295573268103168
score 17.538404