Daftar Isi:
  • Iklan sudah ada sejak lama, dan dewasa ini kehidupan manusia tidak bisa lepas dari iklan. Iklan memiliki berbagai macam bentuk, mulai dari teks, gambar, poster, billboard, hingga video. Video iklan merupakan media yang paling populer dan efektif saat ini. Banyak perusahaan yang berlomba-lomba menggunakan video iklan untuk memasarkan produknya. Siapa saja dapat membuat iklan, tetapi tidak semua iklan dapat menarik perhatian penonton. Pada saat menonton video iklan tersebut, mudah sekali untuk penonton untuk kehilangan fokus dan melewati iklan tersebut. Oleh sebab itu sangat diperlukan pengetahuan akan hook dan penerapannya. Penelitian ini akan membahas penerapan hook dari sisi editing atau pascaproduksi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan dua pendekatan yang berbeda. Penelitian ini melihat masalah melalui dua perspektif, dari sisi pembuat iklan maupun penonton iklan tersebut. Mengapa hook itu penting untuk iklan? Bagaimana merancang hook dalam sisi editing? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan hook dalam editing untuk mendapatkan perhatian penonton.