ctrlnum 6185
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/6185/</relation><title>Pola Komunikasi Antarpribadi Guru Dengan Siswa Dalam Meningkatkan Minat Belajar (Studi Kasus Pada Siswa Penyandang Tunarungu Di Slb B/C Bina Karya Insani)</title><creator>Wijaya, Rica</creator><subject>P Philology. Linguistics</subject><subject>P87-96 Communication. Mass media</subject><subject>P94.7 Interpersonal communication</subject><description>Komunikasi antarpribadi sangat dibutuhkan dalam proses belajar mengajar bagi&#xD; anak berkebutuhan khusus, guna menangani secara langsung kesulitan yang&#xD; dialami oleh setiap siswanya selama proses pembelajaran.&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi antarpribadi&#xD; guru dan siswa SLB Bina Karya Insani dalam meningkatkan minat belajar.&#xD; Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi kasus dengan&#xD; pendekatan kualitatif. Wawancara mendalam, dan observasi partisipan merupakan&#xD; teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Dalam penelitian&#xD; ini, peneliti menggunakan konsep komunikasi antarpribadi, tujuan komunikasi&#xD; antarpribadi yang dilakukan oleh guru, tahap komunikasi, karakteristik&#xD; komunikasi antarpribadi, komunikasi verbal dan non-verbal, pola komunikasi,&#xD; minat belajar, dan tunarungu.&#xD; Hasil penelitian yang didapatkan adalah pola komunikasi interpersonal&#xD; yang dilakukan di SLB Bina Karya Insani adalah model komunikasi demokratis,&#xD; dimana guru di SLB Bina Karya Insani memberikan kebebasan kepada siswanya&#xD; untuk melakukan kegiatan apapun, tetapi masih berada di bawah pengawasan&#xD; guru. Metode pengajaran yang diberikan secara menarik. Hambatan komunikasi&#xD; yang terjadi adalah keterbatasan bahasa isyarat yang digunakan pada saat murid&#xD; masuk ke SLB B/C Bina Karya Insani, sehingga pada saat itu pemberian materi&#xD; juga terhambat. Hal tersebut diakibatkan karena guru-guru harus mengajarkan&#xD; bahasa isyarat mulai dari awal kepada murid-murid baru di SLB B/C Bina Karya&#xD; Insani.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/6185/7/HALAMAN%20AWAL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/6185/1/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/6185/2/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/6185/3/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/6185/4/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/6185/5/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/6185/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/6185/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Wijaya, Rica (2018) Pola Komunikasi Antarpribadi Guru Dengan Siswa Dalam Meningkatkan Minat Belajar (Studi Kasus Pada Siswa Penyandang Tunarungu Di Slb B/C Bina Karya Insani). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>6185</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Wijaya, Rica
title Pola Komunikasi Antarpribadi Guru Dengan Siswa Dalam Meningkatkan Minat Belajar (Studi Kasus Pada Siswa Penyandang Tunarungu Di Slb B/C Bina Karya Insani)
publishDate 2018
topic P Philology. Linguistics
P87-96 Communication. Mass media
P94.7 Interpersonal communication
url http://kc.umn.ac.id/6185/7/HALAMAN%20AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/6185/1/BAB%20I.pdf
http://kc.umn.ac.id/6185/2/BAB%20II.pdf
http://kc.umn.ac.id/6185/3/BAB%20III.pdf
http://kc.umn.ac.id/6185/4/BAB%20IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/6185/5/BAB%20V.pdf
http://kc.umn.ac.id/6185/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/6185/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/6185/
contents Komunikasi antarpribadi sangat dibutuhkan dalam proses belajar mengajar bagi anak berkebutuhan khusus, guna menangani secara langsung kesulitan yang dialami oleh setiap siswanya selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi antarpribadi guru dan siswa SLB Bina Karya Insani dalam meningkatkan minat belajar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Wawancara mendalam, dan observasi partisipan merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan konsep komunikasi antarpribadi, tujuan komunikasi antarpribadi yang dilakukan oleh guru, tahap komunikasi, karakteristik komunikasi antarpribadi, komunikasi verbal dan non-verbal, pola komunikasi, minat belajar, dan tunarungu. Hasil penelitian yang didapatkan adalah pola komunikasi interpersonal yang dilakukan di SLB Bina Karya Insani adalah model komunikasi demokratis, dimana guru di SLB Bina Karya Insani memberikan kebebasan kepada siswanya untuk melakukan kegiatan apapun, tetapi masih berada di bawah pengawasan guru. Metode pengajaran yang diberikan secara menarik. Hambatan komunikasi yang terjadi adalah keterbatasan bahasa isyarat yang digunakan pada saat murid masuk ke SLB B/C Bina Karya Insani, sehingga pada saat itu pemberian materi juga terhambat. Hal tersebut diakibatkan karena guru-guru harus mengajarkan bahasa isyarat mulai dari awal kepada murid-murid baru di SLB B/C Bina Karya Insani.
id IOS6965.6185
institution Universitas Multimedia Nusantara
institution_id 355
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara
library_id 306
collection Knowledge Center UMN
repository_id 6965
subject_area Business/Bisnis
Communication/Komunikasi
Art Apreciation/Apresiasi Seni
Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
city TANGERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6965
first_indexed 2019-05-09T19:53:22Z
last_indexed 2019-05-09T19:53:22Z
recordtype dc
_version_ 1683865407834816512
score 17.538404