Analisis pengaruh identification dan satisfaction terhadap promotion dan participation serta implikasinya terhadap loyalty to brand telaah pada komunitas vespa indonesia di facebook groups

Main Author: Cendana, Kelvin Rinaldy
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/611/1/HALAMAN%20AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/611/2/BAB%20I.pdf
http://kc.umn.ac.id/611/3/BAB%20II.pdf
http://kc.umn.ac.id/611/4/BAB%20III.pdf
http://kc.umn.ac.id/611/5/BAB%20IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/611/6/BAB%20V.pdf
http://kc.umn.ac.id/611/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/611/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/611/
Daftar Isi:
  • Di era globalisasi ini, Kemajuan dalam teknologi informasi dan komunikasi, khususnya internet dapat menjadi peluang atau ancaman bagi perusahaan dalam menjalin hubungan dengan konsumennya. Media sosial sebagai salah satu aktivitas yang sering digunakan oleh pengguna internet untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan banyak orang. Facebook adalah salah satu media sosial yang paling banyak di kunjungi pengguna media sosial di Indonesia menyediakan sebuah fasilitas Facebook groups dimana para pengguna Facebook dapat berkumpul. Fasilitas ini di manfaatkan pengguna Facebook untuk membangun sebuah komunitas virtual salah satunya adalah Komunitas Vespa Indonesia. Berdasarkan uraian tersebut, maka peneliti membahas faktor – faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap brand dan tingkat promosi terhadap Komunitas Vespa Indonesia. Faktor tersebut adalah Identification to VBC, Satisfaction to VBC, dan Participation in VBC terhadap Promotion to VBC dan Loyalty to brand. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Model dan sampel yang diambil dalam penelitian adalah 120 responden yang telah tergabung di dalam Komunitas Vespa Indonesia lebih dari satu bulan dengan intensi mengakses minimal satu kali dalam satu minggu atau dua kali dalam satu minggu dan yang berusia minimal 17 tahun serta memiliki motor Vespa. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa Identification to VBC berpengaruh positif terhadap Satisfaction to VBC dan Participation in VBC, Satisfaction to VBC tidak berpengaruh positif terhadap Participation in VBC dan Promotion to VBC, serta Participation in VBC dan Promotion to VBC berpengaruh positif terhadap Loyalty to brand.