Analisis pengaruh endorser credibility Cristiano ronaldo terhadap attitude toward advertising, attitude toward brand, dan purchase intention konsumen pada produk clear men shampoo: telaah pada komunitas akun facebook atau twitter penggemar Cristiano ronaldo di jabodetabek

Main Author: Sulaiman, Calvin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/573/1/HALAMAN%20AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/573/2/BAB%20I.pdf
http://kc.umn.ac.id/573/3/BAB%20II.pdf
http://kc.umn.ac.id/573/4/BAB%20III.pdf
http://kc.umn.ac.id/573/5/BAB%20IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/573/6/BAB%20V.pdf
http://kc.umn.ac.id/573/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/573/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/573/
Daftar Isi:
  • Industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan sebuah kreatifitas, keahlian, keterampilan serta bakat-bakat seseorang (individu). Salah satu industri kreatif yang banyak dilakukan perusahaan-perusahaan sebagai strategi komunikasi kepada konsumen adalah periklanan melalui media televisi. Dunia periklanan dengan media televisi semakin berkembang dengan adanya strategi menggunakan selebriti untuk mendukung produk perusahaan atau yang dinamakan dengan celebrity endorsement. Pemilihan kredibilitas dari seorang selebriti menjadi suatu hal yang penting bagi setiap perusahaan agar dapat mendapatkan endorser yang sesuai dengan produk yang ingin diiklankan. Salah satu perusahaan besar yang telah menggunakan strategi celebrity endorsement adalah PT Unilever Indonesia. Salah satu produk unilever yang ingin dibahas dalam penelitian ini adalah produk Clear Men Shampoo yang diiklankan dengan menjadikan Cristiano Ronaldo sebagai bintang iklan Clear Men Shampoo untuk menarik konsumen yang merupakan penggemar dari Cristiano Ronaldo. Oleh karena itu, permasalahan dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah kredibilitas dari Cristiano Ronaldo seperti expertise, trustworthiness, dan attractiveness Cristiano Ronaldo dalam bermain sepakbola dapat mempengaruhi sikap konsumen terhadap iklan, merek, dan niat beli konsumen pada produk Clear Men Shampoo. Model teoritis penelitian dalam penelitian ini disampaikan dengan 8 hipotesis yang akan diuji dengan Structural Equation Model. Sampel pada penelitian ini adalah 108 responden yang merupakan anggota komunitas akun twitter atau facebook penggemar Cristiano Ronaldo, pernah melihat iklan Clear Men Shampoo versi Indonesia tahun 2014 yang dibintangi oleh Cristiano Ronaldo, dan tidak pernah membeli produk Clear Men Shampoo. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh trustworthiness Cristiano Ronaldo terhadap attitude toward advertising, lalu adanya pengaruh attitude toward advertising terhadap attitude toward brand, dan adanya pengaruh attitude toward brand terhadap purchase intention. Namun, expertise dan attractiveness Cristiano Ronaldo tidak memiliki pengaruh terhadap attitude toward advertising dan purchase intention.