Pengaruh perceived prestige dan domain involvement terhadap purchase intention melalui fan identification, sponsor credibility, dan attitude toward sponsorship (studi kasus PT. aia & klub sepak bola tottenham hotspur)

Main Author: S., Billy Christian
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/569/1/HALAMAN%20AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/569/2/BAB%20I.pdf
http://kc.umn.ac.id/569/3/BAB%20II.pdf
http://kc.umn.ac.id/569/4/BAB%20III.pdf
http://kc.umn.ac.id/569/5/BAB%20IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/569/6/BAB%20V.pdf
http://kc.umn.ac.id/569/
Daftar Isi:
  • Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh perceived prestige dan domain involvement terhadap purchase intention melalui fan identification, sponsor credibility, dan attitude toward sponsorship dalam konteks sponsorship PT. AIA dengan klub sepakbola Tottenham Hotspur. Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan single cross-sectional design. Data didapatkan melalui kuesioner yang disebar secara online dengan jumlah responden sebanyak 120 responden. Seluruh responden merupakan fans dari klub sepakbola Tottenham Hotspur di Indonesia yang memenuhi beberapa persyaratan kriteria penerimaan sampel. Data diolah dengan menggunakan analisis multivariat, Structural Equation Modelling (SEM), dengan menggunakan software LISREL 8.8. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived prestige dan domain involvement memiliki pengaruh terhadap purchase intention secara tidak langsung. Perceived prestige dan domain involvement mempengaruhi purchase intention dengan dimediasi oleh fan identification, sponsor credibility, dan attitude toward sponsorship. Implikasi Manajerial: Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan untuk PT. AIA secara global maupun PT. AIA di Indonesia dalam usahanya untuk meningkatkan keinginan konsumen untuk membeli produk-produknya agar dapat bersaing dengan perusahaan asuransi sejenis. Caranya adalah dengan meningkatkan perceived prestige, domain involvement, fan identification, sponsor credibility, attitude toward sponsorship, dan purchase intention.