Daftar Isi:
  • Industri kreatif di Indonesia saat ini sudah sangat berkembang. Tapi sangat disayangkan bahwa masih banyak penggiat komik atau biasa disebut komikus masih kurang eksistensinya di mata masyarakat. Berangkat dari permasalahan tersebut, para komikus berinisiatif untuk membentuk sebuah komunitas komik, yang memanfaatkan sosial media sebagai media promosi. Di dalam komunitas tersebut terdapat seorang public relations yang berfungsi untuk membuat strategi media sosial. Perumusan masalah dalam penelitian ini ialah melihat strategi yang digunakan oleh PR Komikin Ajah untuk meningkatkan popularitas Komikus Indonesia dan faktor pendukung dan penghambat apa saja dalam penerapan strateginya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode penelitian yang digunakan ialah dengan wawancara, studi dokumen, dan observasi. Dalam penelitian ini peneliti berhasil mendapatkan tiga narasumber terkait penelitian ini. Hasil dari penelitian ini bisa disimpulkan bahwa public relations Komikin Ajah menggunakan lima strategi dalam penerapannya dan dianggap berhasil dalam meningkatkan popularitas Komikus Indonesia, hal ini bisa dilihat dari banyaknya jumlah followers dari akun Komikin Ajah serta berhasil masuk ke dalam sejarah perkembangan komik Indonesia.