ctrlnum 5502
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/5502/</relation><title>Analisis Strategi Media Sosial Komikin Ajah Dalam Meningkatkan Popularitas Komikus Indonesia Menggunakan Media Sosial Instagram</title><creator>Sari, Suciati Wulan</creator><subject>H Social Sciences</subject><subject>HD30 Strategic Communication</subject><subject>HD59-59.9 Marketing and Publicity</subject><description>Industri kreatif di Indonesia saat ini sudah sangat berkembang. Tapi sangat&#xD; disayangkan bahwa masih banyak penggiat komik atau biasa disebut komikus&#xD; masih kurang eksistensinya di mata masyarakat. Berangkat dari permasalahan&#xD; tersebut, para komikus berinisiatif untuk membentuk sebuah komunitas komik,&#xD; yang memanfaatkan sosial media sebagai media promosi. Di dalam komunitas&#xD; tersebut terdapat seorang public relations yang berfungsi untuk membuat strategi&#xD; media sosial.&#xD; Perumusan masalah dalam penelitian ini ialah melihat strategi yang&#xD; digunakan oleh PR Komikin Ajah untuk meningkatkan popularitas Komikus&#xD; Indonesia dan faktor pendukung dan penghambat apa saja dalam penerapan&#xD; strateginya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif&#xD; yang bersifat deskriptif. Metode penelitian yang digunakan ialah dengan&#xD; wawancara, studi dokumen, dan observasi. Dalam penelitian ini peneliti berhasil&#xD; mendapatkan tiga narasumber terkait penelitian ini.&#xD; Hasil dari penelitian ini bisa disimpulkan bahwa public relations Komikin&#xD; Ajah menggunakan lima strategi dalam penerapannya dan dianggap berhasil dalam&#xD; meningkatkan popularitas Komikus Indonesia, hal ini bisa dilihat dari banyaknya&#xD; jumlah followers dari akun Komikin Ajah serta berhasil masuk ke dalam sejarah&#xD; perkembangan komik Indonesia.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5502/5/HALAMAN%20AWAL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5502/8/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5502/1/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5502/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5502/2/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5502/3/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5502/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5502/6/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Sari, Suciati Wulan (2017) Analisis Strategi Media Sosial Komikin Ajah Dalam Meningkatkan Popularitas Komikus Indonesia Menggunakan Media Sosial Instagram. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>5502</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sari, Suciati Wulan
title Analisis Strategi Media Sosial Komikin Ajah Dalam Meningkatkan Popularitas Komikus Indonesia Menggunakan Media Sosial Instagram
publishDate 2017
topic H Social Sciences
HD30 Strategic Communication
HD59-59.9 Marketing and Publicity
url http://kc.umn.ac.id/5502/5/HALAMAN%20AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/5502/8/BAB%20I.pdf
http://kc.umn.ac.id/5502/1/BAB%20II.pdf
http://kc.umn.ac.id/5502/4/BAB%20III.pdf
http://kc.umn.ac.id/5502/2/BAB%20IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/5502/3/BAB%20V.pdf
http://kc.umn.ac.id/5502/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/5502/6/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/5502/
contents Industri kreatif di Indonesia saat ini sudah sangat berkembang. Tapi sangat disayangkan bahwa masih banyak penggiat komik atau biasa disebut komikus masih kurang eksistensinya di mata masyarakat. Berangkat dari permasalahan tersebut, para komikus berinisiatif untuk membentuk sebuah komunitas komik, yang memanfaatkan sosial media sebagai media promosi. Di dalam komunitas tersebut terdapat seorang public relations yang berfungsi untuk membuat strategi media sosial. Perumusan masalah dalam penelitian ini ialah melihat strategi yang digunakan oleh PR Komikin Ajah untuk meningkatkan popularitas Komikus Indonesia dan faktor pendukung dan penghambat apa saja dalam penerapan strateginya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode penelitian yang digunakan ialah dengan wawancara, studi dokumen, dan observasi. Dalam penelitian ini peneliti berhasil mendapatkan tiga narasumber terkait penelitian ini. Hasil dari penelitian ini bisa disimpulkan bahwa public relations Komikin Ajah menggunakan lima strategi dalam penerapannya dan dianggap berhasil dalam meningkatkan popularitas Komikus Indonesia, hal ini bisa dilihat dari banyaknya jumlah followers dari akun Komikin Ajah serta berhasil masuk ke dalam sejarah perkembangan komik Indonesia.
id IOS6965.5502
institution Universitas Multimedia Nusantara
institution_id 355
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara
library_id 306
collection Knowledge Center UMN
repository_id 6965
subject_area Business/Bisnis
Communication/Komunikasi
Art Apreciation/Apresiasi Seni
Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
city TANGERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6965
first_indexed 2019-04-04T01:23:24Z
last_indexed 2019-05-09T19:53:16Z
recordtype dc
_version_ 1683865406035460096
score 17.538404