Daftar Isi:
  • Sebuah perusahaan pasti mempunyai visi misi dan tujuan masing-masing, begitu juga dengan perusahaan retail terbesar di Indonesia yaitu Alfamart. Dalam menjalankan perusahaannya tentu saja Alfamart tidak lepas dari berbagi isu. Berdiri dan berdampingan dengan lingkungan masyarakat membuat Alfamart mempunyai visi untuk beorientasi terhadap pemberdayaan pengusaha kecil termasuk yaitu UMKM. Perusahaan mewujudkan semua itu dengan mengusung program tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) dengan bertemakan merangkul pedagang UMKM agar ikut berkembang dan tidak merasa tersaingi oleh bisnis minimarket. Program tersebut bernama Outlet Binaan Alfamart (OBA) yang pada implementasi di dalamnya terdapat beberapa project pelaksanaan CSR OBA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan metode penelitian studi kasus. Konsep utama yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah Corporate Social Responsibility. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam oleh beberapa narasumber utama dan narasumber pendukung dalam memenuhi hasil dari penelitian peneliti. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi program Corporate Social Responsibility OBA yang diusung oleh Alfamart memilik kesesuaian dengan konsep CSR dan Community Development yaitu pengembangan masyarakat oleh perusahaan. Program tersebut sesuai dengan salah satu visi dari perusahaan yaitu berorientasi terhadap pemberdayaan pengusaha kecil. Dalam menjaga citra perusahaan agar tetap positif, Alfamart berharap agar terus berhubungan baik dengan masyarakat melalui program OBA dan citranya tetap terjaga salah satunya dengan adanya publikasi yang baik kepada publik.