Daftar Isi:
  • Penelitian ini berawal dari intensitas penggunaan instagram yang sangat tinggi dan perkembangan instagram yang sangat pesat, salah satunya di Indonesia. Penggunaan Instagram yang saat ini tidak hanya sebagai media komunikasi antar individu menjadikan Instagram sebagai ladang bisnis yang menjanjikan bagi para pebisnis e-commerce dan online shop menjadi salah satu konten komersial yang paling sering di kunjungi oleh para pengguna Instagram. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori ketergantungan media, teori promosi, dan loyalitas pelanggan. Teori ini menjelaskan bahwa kecenderungan seseorang memilih suatu media karena media tersebut memberikan kepuasan atau memenuhi kebutuhan individu tersebut. Sehingga akan menghasilkan suatu loyalitas konsumen. Metodologi yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis eksplanatif. Peneliti menyebarkan kuisioner kepada followers Instagram Sociolla sejumlah 400 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive-kuota sampling. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel penggunaan Instagram (X) memberikan pengaruh sebesar 62,9% terhadap variabel loyalitas konsumen (Y) dan 37,1% yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan penelitian selanjutnya.