Gratifikasi Generasi Millennial Membaca Line Today Dalam Media Sosial Line (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Dan Karyawan Swasta Sebagai Pengguna Line Today)
Main Author: | Putri, Soffi Amira |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/5225/5/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/5225/6/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/5225/7/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/5225/1/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/5225/2/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/5225/3/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/5225/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/5225/4/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/5225/ |
Daftar Isi:
- Media sosial LINE sebagai salah satu aplikasi Instant Messaging (IM) telah membuat portal berita untuk memudahkan penggunanya dalam mencari dan mengakses informasi atau berita, yaitu LINE Today. LINE Today sebagai social news dan social bookmarking memiliki kegunaan untuk memudahkan penggunanya mencari informasi melalui konten-konten berita yang sudah disediakan dalam sebuah website yang terdapat pada timeline media sosial LINE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk gratifikasi yang dicari oleh generasi millennial khususnya, mahasiswa dan karyawan swasta sebagai pembaca LINE Today. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat deskriptif dan menggunakan metode studi kasus Robert K. Yin, lalu untuk mencari bentuk-bentuk gratifikasi tersebut dikaitkan dengan teori Kegunaan dan Gratifikasi (Uses and Gratifications) dari Katz, Gurevitch, & Haas. Dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa gratifikasi yang dicari oleh para informan dalam membaca informasi atau berita di LINE Today didapatkan melalui kategori kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, integrasi sosial, dan pelepasan ketegangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah ditemukan adanya gratifikasi baru yang muncul dari para informan, yaitu mobilitas dan akurasi. Kategori kebutuhan baru tersebut ditemukan karena faktor kecepatan dalam mengakses dan membaca informasi atau berita melalui LINE Today dan kelemahan LINE Today sebagai sumber informasi atau berita.