Gratifikasi Generasi Millennial Membaca Line Today Dalam Media Sosial Line (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Dan Karyawan Swasta Sebagai Pengguna Line Today)
Main Author: | Putri, Soffi Amira |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/5225/5/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/5225/6/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/5225/7/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/5225/1/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/5225/2/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/5225/3/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/5225/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/5225/4/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/5225/ |
ctrlnum |
5225 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/5225/</relation><title>Gratifikasi Generasi Millennial Membaca Line Today Dalam Media Sosial Line (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Dan Karyawan Swasta Sebagai Pengguna Line Today)</title><creator>Putri, Soffi Amira</creator><subject>H Social Sciences</subject><subject>P87-96 Communication. Mass media</subject><subject>ZA4050-4775 Information in specific formats or media</subject><description>Media sosial LINE sebagai salah satu aplikasi Instant Messaging (IM) telah
membuat portal berita untuk memudahkan penggunanya dalam mencari dan
mengakses informasi atau berita, yaitu LINE Today. LINE Today sebagai social
news dan social bookmarking memiliki kegunaan untuk memudahkan
penggunanya mencari informasi melalui konten-konten berita yang sudah
disediakan dalam sebuah website yang terdapat pada timeline media sosial
LINE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk gratifikasi yang
dicari oleh generasi millennial khususnya, mahasiswa dan karyawan swasta
sebagai pembaca LINE Today. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan sifat deskriptif dan menggunakan metode studi kasus Robert K.
Yin, lalu untuk mencari bentuk-bentuk gratifikasi tersebut dikaitkan dengan teori
Kegunaan dan Gratifikasi (Uses and Gratifications) dari Katz, Gurevitch, &
Haas. Dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa gratifikasi yang dicari oleh
para informan dalam membaca informasi atau berita di LINE Today didapatkan
melalui kategori kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, integrasi sosial, dan
pelepasan ketegangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah ditemukan
adanya gratifikasi baru yang muncul dari para informan, yaitu mobilitas dan
akurasi. Kategori kebutuhan baru tersebut ditemukan karena faktor kecepatan
dalam mengakses dan membaca informasi atau berita melalui LINE Today dan
kelemahan LINE Today sebagai sumber informasi atau berita.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5225/5/HALAMAN%20AWAL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5225/6/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5225/7/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5225/1/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5225/2/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5225/3/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5225/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/5225/4/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Putri, Soffi Amira (2017) Gratifikasi Generasi Millennial Membaca Line Today Dalam Media Sosial Line (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Dan Karyawan Swasta Sebagai Pengguna Line Today). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>5225</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Putri, Soffi Amira |
title |
Gratifikasi Generasi Millennial Membaca Line Today Dalam Media Sosial Line (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Dan Karyawan Swasta Sebagai Pengguna Line Today) |
publishDate |
2017 |
topic |
H Social Sciences P87-96 Communication. Mass media ZA4050-4775 Information in specific formats or media |
url |
http://kc.umn.ac.id/5225/5/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/5225/6/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/5225/7/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/5225/1/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/5225/2/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/5225/3/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/5225/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/5225/4/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/5225/ |
contents |
Media sosial LINE sebagai salah satu aplikasi Instant Messaging (IM) telah
membuat portal berita untuk memudahkan penggunanya dalam mencari dan
mengakses informasi atau berita, yaitu LINE Today. LINE Today sebagai social
news dan social bookmarking memiliki kegunaan untuk memudahkan
penggunanya mencari informasi melalui konten-konten berita yang sudah
disediakan dalam sebuah website yang terdapat pada timeline media sosial
LINE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk gratifikasi yang
dicari oleh generasi millennial khususnya, mahasiswa dan karyawan swasta
sebagai pembaca LINE Today. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan sifat deskriptif dan menggunakan metode studi kasus Robert K.
Yin, lalu untuk mencari bentuk-bentuk gratifikasi tersebut dikaitkan dengan teori
Kegunaan dan Gratifikasi (Uses and Gratifications) dari Katz, Gurevitch, &
Haas. Dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa gratifikasi yang dicari oleh
para informan dalam membaca informasi atau berita di LINE Today didapatkan
melalui kategori kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, integrasi sosial, dan
pelepasan ketegangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah ditemukan
adanya gratifikasi baru yang muncul dari para informan, yaitu mobilitas dan
akurasi. Kategori kebutuhan baru tersebut ditemukan karena faktor kecepatan
dalam mengakses dan membaca informasi atau berita melalui LINE Today dan
kelemahan LINE Today sebagai sumber informasi atau berita. |
id |
IOS6965.5225 |
institution |
Universitas Multimedia Nusantara |
institution_id |
355 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara |
library_id |
306 |
collection |
Knowledge Center UMN |
repository_id |
6965 |
subject_area |
Business/Bisnis Communication/Komunikasi Art Apreciation/Apresiasi Seni Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika |
city |
TANGERANG |
province |
BANTEN |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6965 |
first_indexed |
2019-04-04T01:23:13Z |
last_indexed |
2019-04-04T01:23:13Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1683865404731031552 |
score |
17.538404 |