Daftar Isi:
  • Kehadiran internet sebagai media baru mengubah cara kerja berbagai industri, termasuk perdagangan. Kini transaksi jual beli di dunia maya adalah hal yang lazim, namun rentan akan terjadinya tindak kriminalitas dan media transaksi yang terpercaya masih sedikit. Menjawab permasalahan kegiatan e-commerce di Indonesia, Tokopedia menawarkan solusi dengan menyediakan website yang menjadi wadah bertemunya penjual dan pembeli sekaligus sebagai penengah transaksi. Kegiatan Integrated Marketing Communication (IMC) diperlukan dalam sebuah perusahaan untuk memasarkan produknya kepada khalayak. Dalam perkembangannya, marketing kini telah mengenal berbagai macam strategi promosi dan tools pendukung. Tools dalam bauran promosi ini dikenal secara umum seperti iklan, sales promotion, personal selling, public relation, dan direct marketing. Penulis sebagai intern marketing diberikan tugas untuk membantu kegiatan offline marketing dan public relations. Penulis berkesempatan untuk ikut serta dalam kegiatan merchant acquisition dan retention, berpartisipasi dalam persiapan dan pelaksanaan event, kontak dengan media, dan melakukan media monitoring. Implementasi IMC di PT Tokopedia khususnya di bidang promosi, telihat dari kegiatan-kegiatan yang memaksimalkan pemakaian tools dari promotion mix seperti iklan, personal selling, publikasi (PR), dan direct marketing. Peran PR dalam sebuah tim marketing berkaitan satu sama lainnya. Keduanya bekerja sama untuk menerapkan promotion mix yang terstruktur untuk mencapai tujuan perusahaan.