Daftar Isi:
  • Sinar Mas merupakan perusahaan yang memiliki pilar usaha yang bergerak di sektor pulp dan kertas, agribisnis dan makanan, pengembang dan real estate, jasa keuangan, telekomunikasi dan data, serta energi dan infrastruktur di Indonesia. Dalam kegiatannya, komunikasi keenam pilar ini dipayungi oleh Corporate Communication yang menjalankan fungsi PR di dalamnya untuk mendukung pencapaian tujuan perusahaan termasuk menjadi jembatan antara perusahaan dengan stakeholders salah satunya adalah melalui fungsi media relations yang dijalankan oleh Departemen Media Relations pada President Office Sinar Mas. Dalam praktik kerja magang yang dilakukan selama 3 bulan di Corporate Communication, President Office Sinar Mas pada Departemen Media Relations, penulis dapat mengimplementasikan apa yang telah dipelajari selama masa perkuliahan dan mendapatkan pengetahuan serta kemampuan dalam melakukan fungsi Public Relations sebagai media relations yang fokus pada aktivitas media relations dalam kegiatan perusahaan khususnya Event Bazaar Rakyat Sinar Mas. Pelaksanaan praktik magang ini menjadi sarana pelatihan dan pengimplementasian ilmu yang dimiliki melalui aktivitas Media Relations Sinar Mas yang tidak semata – mata menjadi pihak yang difungsikan ketika membutuhkan publisitas, tetapi melalui hubungan dengan media yang terus dipertahankan dan dijaga baik melalui banyak kegiatan media relations seperti media visit, media gathering, press briefing dan press interviews hingga menunjang kemudahan dalam publisitas mengenai Bazaar Rakyat. Kata Kunci : Sinar Mas, Corporate Communications, Public Relations, Media Relations