Daftar Isi:
  • Laporan ini akan memuat bahasan mengenai perancangan visual pada media promosi Pasar Santa Jakarta Selatan sebagai dukungan terhadap pedagang pasar dan untuk pemenuhan Tugas Akhir. Pasar Santa berperan sebagai Ruang Publik Alternatif di Jakarta. Pasar Santa menjadi tempat berkembangnya industri kreatif anak muda. Pedagang dengan modal kecil dan modal yang lebih besar berkumpul di satu atap dengan segmentasi pangsa pasar yang berbeda. Kreatif dalam berjualan menjadikan salah satu kunci keberhasilan pasar ini tetap bertahan. Pasar ini pernah mengalami penurunan pengunjung dan mismanagement antara pengelola dan pedagang. Kurangnya media promosi visual yang mencukupi tentang Pasar Santa, menjadi suatu alasan menurunnya pengunjung pasar tersebut. Untuk mendukung keberlanjutan Pasar Santa yang terus berkembang, PD Pasar Jaya perlu melakukan media promosi visual yang lebih baik lagi dengan keunikannya sebagai pasar yang memiliki kafe dan menjual piringan hitam. Hal ini dimaksudkan agar pasar ini dapat berkompetisi dengan kompetitornya dan meningkatkan kembali pengunjung. Untuk mendukung pengusaha dan keberlanjutan usaha-usaha di Pasar Santa, PD Pasar Jaya tentu dapat membantu meningkatkan promosi dengan melihat keunikan dari Pasar Santa.