Perancangan Media Promosi Museum Batik Pekalongan
Main Author: | Xaviera, Fiona |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/2462/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://kc.umn.ac.id/2462/4/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/2462/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/2462/6/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/2462/7/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/2462/5/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/2462/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/2462/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/2462/ |
ctrlnum |
2462 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/2462/</relation><title>Perancangan Media Promosi Museum Batik Pekalongan</title><creator>Xaviera, Fiona</creator><subject>N400-3990 Art museums, galleries, etc.</subject><subject>NE Print media</subject><description>Museum Batik Pekalongan adalah salah satu museum batik yang ada di Indonesia
yang diresmikan pada tahun 2006. Museum ini sudah berdiri selama delapan
tahun, namun masih kurang dikenal oleh masyarakat di luar Jawa Tengah ataupun
wisatawan yang berkunjung ke Pekalongan. Kurangnya media promosi visual
menjadi alasan kurang populernya museum ini dibanding obyek wisata lain di
kota Pekalongan.
Pencarian data untuk penelitian ini dilakukan dengan wawancara kepada pihak
museum, observasi terhadap museum lain, penyebaran kuesioner kepada target
yaitu wisatawan dan pengunjung museum. Dari hasil penelitian, penulis membuat
solusi untuk permasalahan ini yaitu dengan perancangan media promosi untuk
Museum Batik Pekalongan.
Teknik visual dan strategi komunikasi yang digunakan lebih simple, disesuaikan
dengan target audiens dari kalangan menengah sampai menengah ke atas. Strategi
media dan penyebaran media juga disesuaikan dengan target audiens yang
merupakan wisatawan, oleh karena itu media utama dipasang di kota Pekalongan
sendiri. Diharapkan media promosi yang dibuat dapat menginformasikan dan
mempromosikan keberadaan museum kepada target sehingga Museum Batik
Pekalongan bisa menjadi obyek wisata andalan di kota Pekalongan.</description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2462/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2462/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2462/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2462/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2462/7/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2462/5/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2462/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2462/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Xaviera, Fiona (2014) Perancangan Media Promosi Museum Batik Pekalongan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>2462</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Xaviera, Fiona |
title |
Perancangan Media Promosi Museum Batik Pekalongan |
publishDate |
2014 |
topic |
N400-3990 Art museums galleries etc NE Print media |
url |
http://kc.umn.ac.id/2462/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://kc.umn.ac.id/2462/4/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/2462/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/2462/6/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/2462/7/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/2462/5/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/2462/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/2462/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/2462/ |
contents |
Museum Batik Pekalongan adalah salah satu museum batik yang ada di Indonesia
yang diresmikan pada tahun 2006. Museum ini sudah berdiri selama delapan
tahun, namun masih kurang dikenal oleh masyarakat di luar Jawa Tengah ataupun
wisatawan yang berkunjung ke Pekalongan. Kurangnya media promosi visual
menjadi alasan kurang populernya museum ini dibanding obyek wisata lain di
kota Pekalongan.
Pencarian data untuk penelitian ini dilakukan dengan wawancara kepada pihak
museum, observasi terhadap museum lain, penyebaran kuesioner kepada target
yaitu wisatawan dan pengunjung museum. Dari hasil penelitian, penulis membuat
solusi untuk permasalahan ini yaitu dengan perancangan media promosi untuk
Museum Batik Pekalongan.
Teknik visual dan strategi komunikasi yang digunakan lebih simple, disesuaikan
dengan target audiens dari kalangan menengah sampai menengah ke atas. Strategi
media dan penyebaran media juga disesuaikan dengan target audiens yang
merupakan wisatawan, oleh karena itu media utama dipasang di kota Pekalongan
sendiri. Diharapkan media promosi yang dibuat dapat menginformasikan dan
mempromosikan keberadaan museum kepada target sehingga Museum Batik
Pekalongan bisa menjadi obyek wisata andalan di kota Pekalongan. |
id |
IOS6965.2462 |
institution |
Universitas Multimedia Nusantara |
institution_id |
355 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara |
library_id |
306 |
collection |
Knowledge Center UMN |
repository_id |
6965 |
subject_area |
Business/Bisnis Communication/Komunikasi Art Apreciation/Apresiasi Seni Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika |
city |
TANGERANG |
province |
BANTEN |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6965 |
first_indexed |
2019-04-04T01:21:28Z |
last_indexed |
2019-04-04T01:21:28Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1683865389763657728 |
score |
17.538404 |