ctrlnum 2462
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/2462/</relation><title>Perancangan Media Promosi Museum Batik Pekalongan</title><creator>Xaviera, Fiona</creator><subject>N400-3990 Art museums, galleries, etc.</subject><subject>NE Print media</subject><description>Museum Batik Pekalongan adalah salah satu museum batik yang ada di Indonesia&#xD; yang diresmikan pada tahun 2006. Museum ini sudah berdiri selama delapan&#xD; tahun, namun masih kurang dikenal oleh masyarakat di luar Jawa Tengah ataupun&#xD; wisatawan yang berkunjung ke Pekalongan. Kurangnya media promosi visual&#xD; menjadi alasan kurang populernya museum ini dibanding obyek wisata lain di&#xD; kota Pekalongan.&#xD; Pencarian data untuk penelitian ini dilakukan dengan wawancara kepada pihak&#xD; museum, observasi terhadap museum lain, penyebaran kuesioner kepada target&#xD; yaitu wisatawan dan pengunjung museum. Dari hasil penelitian, penulis membuat&#xD; solusi untuk permasalahan ini yaitu dengan perancangan media promosi untuk&#xD; Museum Batik Pekalongan.&#xD; Teknik visual dan strategi komunikasi yang digunakan lebih simple, disesuaikan&#xD; dengan target audiens dari kalangan menengah sampai menengah ke atas. Strategi&#xD; media dan penyebaran media juga disesuaikan dengan target audiens yang&#xD; merupakan wisatawan, oleh karena itu media utama dipasang di kota Pekalongan&#xD; sendiri. Diharapkan media promosi yang dibuat dapat menginformasikan dan&#xD; mempromosikan keberadaan museum kepada target sehingga Museum Batik&#xD; Pekalongan bisa menjadi obyek wisata andalan di kota Pekalongan.</description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2462/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2462/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2462/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2462/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2462/7/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2462/5/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2462/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2462/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Xaviera, Fiona (2014) Perancangan Media Promosi Museum Batik Pekalongan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>2462</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Xaviera, Fiona
title Perancangan Media Promosi Museum Batik Pekalongan
publishDate 2014
topic N400-3990 Art museums
galleries
etc
NE Print media
url http://kc.umn.ac.id/2462/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://kc.umn.ac.id/2462/4/BAB%20I.pdf
http://kc.umn.ac.id/2462/3/BAB%20II.pdf
http://kc.umn.ac.id/2462/6/BAB%20III.pdf
http://kc.umn.ac.id/2462/7/BAB%20IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/2462/5/BAB%20V.pdf
http://kc.umn.ac.id/2462/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/2462/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/2462/
contents Museum Batik Pekalongan adalah salah satu museum batik yang ada di Indonesia yang diresmikan pada tahun 2006. Museum ini sudah berdiri selama delapan tahun, namun masih kurang dikenal oleh masyarakat di luar Jawa Tengah ataupun wisatawan yang berkunjung ke Pekalongan. Kurangnya media promosi visual menjadi alasan kurang populernya museum ini dibanding obyek wisata lain di kota Pekalongan. Pencarian data untuk penelitian ini dilakukan dengan wawancara kepada pihak museum, observasi terhadap museum lain, penyebaran kuesioner kepada target yaitu wisatawan dan pengunjung museum. Dari hasil penelitian, penulis membuat solusi untuk permasalahan ini yaitu dengan perancangan media promosi untuk Museum Batik Pekalongan. Teknik visual dan strategi komunikasi yang digunakan lebih simple, disesuaikan dengan target audiens dari kalangan menengah sampai menengah ke atas. Strategi media dan penyebaran media juga disesuaikan dengan target audiens yang merupakan wisatawan, oleh karena itu media utama dipasang di kota Pekalongan sendiri. Diharapkan media promosi yang dibuat dapat menginformasikan dan mempromosikan keberadaan museum kepada target sehingga Museum Batik Pekalongan bisa menjadi obyek wisata andalan di kota Pekalongan.
id IOS6965.2462
institution Universitas Multimedia Nusantara
institution_id 355
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara
library_id 306
collection Knowledge Center UMN
repository_id 6965
subject_area Business/Bisnis
Communication/Komunikasi
Art Apreciation/Apresiasi Seni
Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
city TANGERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6965
first_indexed 2019-04-04T01:21:28Z
last_indexed 2019-04-04T01:21:28Z
recordtype dc
_version_ 1683865389763657728
score 17.538404