Perancangan sistem rigging pada karakter dalam film animasi “iyatna”
Main Author: | Utami Putri, Adinda muflihah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/2352/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/2352/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/2352/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/2352/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/2352/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/2352/6/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/2352/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/2352/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/2352/ |
Daftar Isi:
- Cerita adalah salah satu unsur penting dalam pembuatan film animasi. Penyampaian cerita dikatakan berhasil apabila penonton dapat menangkap emosi yang ada pada karakter filmnya. Cerita yang baik harus disampaikan dengan bahasa tubuh yang tepat. Struktur anatomi menjadi sebuah hal yang sangat penting dalam menentukan sebuah pergerakan. Tanpa adanya struktur anatomi yang baik, animasi tidak dapat berjalan dengan benar dan tidak terlihat realistis. Peran dan kinerja animator juga ditentukan oleh hasil proses rigging yang dilakukan oleh rigger. Berdasarkan hal tersebut, penulis membahas penerapan sistem rigging, yang merupakan proses yang sangat krusial dalam penciptaan sebuah gerakan animasi yang baik dan benar. Sistem rigging ini akan diterapkan pada karakter-karakter dalam animasi pendek “Iyatna” agar karakter dapat berkomunikasi dengan bahasa tubuh yang tepat. Pada penulisan kali ini, penulis banyak menggunakan teori dari Robert tentang penjelasan struktur tulang dan sendi, serta teori Beane yang secara umum menjelaskan tentang penjelasan aspekaspek proses rigging dalam software 3D.