Perancangan sistem rigging pada karakter dalam film animasi “iyatna”
Main Author: | Utami Putri, Adinda muflihah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/2352/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/2352/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/2352/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/2352/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/2352/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/2352/6/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/2352/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/2352/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/2352/ |
ctrlnum |
2352 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/2352/</relation><title>Perancangan sistem rigging pada karakter dalam film animasi “iyatna”</title><creator>Utami Putri, Adinda muflihah</creator><subject>NC996 Animation</subject><subject>NX650-694 Special subjects, characters, persons, religious arts, etc.</subject><description>Cerita adalah salah satu unsur penting dalam pembuatan film animasi.
Penyampaian cerita dikatakan berhasil apabila penonton dapat menangkap emosi
yang ada pada karakter filmnya. Cerita yang baik harus disampaikan dengan
bahasa tubuh yang tepat. Struktur anatomi menjadi sebuah hal yang sangat
penting dalam menentukan sebuah pergerakan. Tanpa adanya struktur anatomi
yang baik, animasi tidak dapat berjalan dengan benar dan tidak terlihat realistis.
Peran dan kinerja animator juga ditentukan oleh hasil proses rigging yang
dilakukan oleh rigger. Berdasarkan hal tersebut, penulis membahas penerapan
sistem rigging, yang merupakan proses yang sangat krusial dalam penciptaan
sebuah gerakan animasi yang baik dan benar. Sistem rigging ini akan diterapkan
pada karakter-karakter dalam animasi pendek “Iyatna” agar karakter dapat
berkomunikasi dengan bahasa tubuh yang tepat. Pada penulisan kali ini, penulis
banyak menggunakan teori dari Robert tentang penjelasan struktur tulang dan
sendi, serta teori Beane yang secara umum menjelaskan tentang penjelasan aspekaspek
proses rigging dalam software 3D.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2352/1/HALAMAN%20AWAL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2352/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2352/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2352/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2352/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2352/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2352/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/2352/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Utami Putri, Adinda muflihah (2015) Perancangan sistem rigging pada karakter dalam film animasi “iyatna”. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>2352</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Utami Putri, Adinda muflihah |
title |
Perancangan sistem rigging pada karakter dalam film animasi “iyatna” |
publishDate |
2015 |
topic |
NC996 Animation NX650-694 Special subjects characters persons religious arts etc |
url |
http://kc.umn.ac.id/2352/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/2352/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/2352/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/2352/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/2352/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/2352/6/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/2352/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/2352/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/2352/ |
contents |
Cerita adalah salah satu unsur penting dalam pembuatan film animasi.
Penyampaian cerita dikatakan berhasil apabila penonton dapat menangkap emosi
yang ada pada karakter filmnya. Cerita yang baik harus disampaikan dengan
bahasa tubuh yang tepat. Struktur anatomi menjadi sebuah hal yang sangat
penting dalam menentukan sebuah pergerakan. Tanpa adanya struktur anatomi
yang baik, animasi tidak dapat berjalan dengan benar dan tidak terlihat realistis.
Peran dan kinerja animator juga ditentukan oleh hasil proses rigging yang
dilakukan oleh rigger. Berdasarkan hal tersebut, penulis membahas penerapan
sistem rigging, yang merupakan proses yang sangat krusial dalam penciptaan
sebuah gerakan animasi yang baik dan benar. Sistem rigging ini akan diterapkan
pada karakter-karakter dalam animasi pendek “Iyatna” agar karakter dapat
berkomunikasi dengan bahasa tubuh yang tepat. Pada penulisan kali ini, penulis
banyak menggunakan teori dari Robert tentang penjelasan struktur tulang dan
sendi, serta teori Beane yang secara umum menjelaskan tentang penjelasan aspekaspek
proses rigging dalam software 3D. |
id |
IOS6965.2352 |
institution |
Universitas Multimedia Nusantara |
institution_id |
355 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara |
library_id |
306 |
collection |
Knowledge Center UMN |
repository_id |
6965 |
subject_area |
Business/Bisnis Communication/Komunikasi Art Apreciation/Apresiasi Seni Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika |
city |
TANGERANG |
province |
BANTEN |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6965 |
first_indexed |
2019-04-04T01:21:23Z |
last_indexed |
2019-04-04T01:21:23Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1683865389019168768 |
score |
17.538404 |