Social smoking sebagai bentuk adaptasi interaksi dalam menunjang komunikasi interpersonal (studi kasus pada social smoker karyawan perusahaan PT gudang garam Tbk.)

Main Author: Aviani, Dea
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/230/1/HALAMAN%20AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/230/2/BAB%20I.pdf
http://kc.umn.ac.id/230/3/BAB%20II.pdf
http://kc.umn.ac.id/230/4/BAB%20III.pdf
http://kc.umn.ac.id/230/5/BAB%20IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/230/6/BAB%20V.pdf
http://kc.umn.ac.id/230/7/DAFTAR%20PUSAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/230/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/230/
ctrlnum 230
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/230/</relation><title>Social smoking sebagai bentuk adaptasi interaksi dalam&#xD; menunjang komunikasi interpersonal&#xD; (studi kasus pada social smoker karyawan perusahaan PT gudang garam Tbk.)</title><creator>Aviani, Dea</creator><subject>HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior</subject><subject>P94.7 Interpersonal communication</subject><description>Kemampuan komunikasi interpersonal yang baik memiliki peranan penting dalam membangun dan memelihara hubungan yang nyaman dan akrab diantara masingmasing individu. Budaya gemar berkumpul dan bersosialisasi yang dimiliki masyarakat Indonesia mengarahkan masyarakat Indonesia untuk dapat memiliki keterampilan dalam berkomunikasi. Bahkan, di Indonesia, aktivitas merokok seringkali dapat dijadikan medium bagi sebagian orang untuk berkumpul dan bersosialisasi. Hal ini membuat definisi perokok sosial mulai bermunculan di kalangan masyarakat Indonesia. Social&#xD; smoker merupakan seseorang yang melakukan aktivitas merokok hanya pada situasi tertentu. Kegiatan tersebut disebut dengan social smoking. Skripsi yang berjudul &#x201C;Social Smoking Sebagai Bentuk Adaptasi Interaksi dalam Menunjang Komunikasi Interpersonal&#x201D; memaparkan hasil penelitian yang dilakukan pada karyawan PT Gudang Garam Tbk, antara April &#x2013; Mei 2016, selama kurang lebih empat minggu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menjadi latar belakang seseorang menjadi social smoker serta perilaku social smoking yang digunakan sebagai bentuk adaptasi interaksi dalam menunjang komunikasi interpersonal.&#xD; Teori yang digunakan adalah teori Komunikasi Interpersonal serta teori Adaptasi Interaksi. Jenis penelitian bersifat deskriptif-interpretif dengan menggunakan pendekatakan kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus instrumental dengan memanfaatkan observasi partisipan dan wawancara mendalam untuk memperoleh data. Wawancara mendalam dilakukan kepada empat karyawan perusahaan Gudang Garam yang mewakili Divisi Marketing &#x2013; Brand, Procurement, Digital, Event, Design, Corporate, Legal Meeting Point. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku social smoking memiliki pengaruh terhadap peningkatan kualitas komunikasi interpersonal. Selain itu, terdapat beberapa faktor yang menjadi latar belakang seseorang dalam berperan sebagai social smoker, diantaranya adalah faktor kebutuhan, ekspektasi serta keinginan yang berasal dari dalam diri social smoker sebagai tujuan dari komunikasi.</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/230/1/HALAMAN%20AWAL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/230/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/230/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/230/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/230/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/230/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/230/7/DAFTAR%20PUSAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/230/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Aviani, Dea (2016) Social smoking sebagai bentuk adaptasi interaksi dalam menunjang komunikasi interpersonal (studi kasus pada social smoker karyawan perusahaan PT gudang garam Tbk.). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>230</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Aviani, Dea
title Social smoking sebagai bentuk adaptasi interaksi dalam menunjang komunikasi interpersonal (studi kasus pada social smoker karyawan perusahaan PT gudang garam Tbk.)
publishDate 2016
topic HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
P94.7 Interpersonal communication
url http://kc.umn.ac.id/230/1/HALAMAN%20AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/230/2/BAB%20I.pdf
http://kc.umn.ac.id/230/3/BAB%20II.pdf
http://kc.umn.ac.id/230/4/BAB%20III.pdf
http://kc.umn.ac.id/230/5/BAB%20IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/230/6/BAB%20V.pdf
http://kc.umn.ac.id/230/7/DAFTAR%20PUSAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/230/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/230/
contents Kemampuan komunikasi interpersonal yang baik memiliki peranan penting dalam membangun dan memelihara hubungan yang nyaman dan akrab diantara masingmasing individu. Budaya gemar berkumpul dan bersosialisasi yang dimiliki masyarakat Indonesia mengarahkan masyarakat Indonesia untuk dapat memiliki keterampilan dalam berkomunikasi. Bahkan, di Indonesia, aktivitas merokok seringkali dapat dijadikan medium bagi sebagian orang untuk berkumpul dan bersosialisasi. Hal ini membuat definisi perokok sosial mulai bermunculan di kalangan masyarakat Indonesia. Social smoker merupakan seseorang yang melakukan aktivitas merokok hanya pada situasi tertentu. Kegiatan tersebut disebut dengan social smoking. Skripsi yang berjudul “Social Smoking Sebagai Bentuk Adaptasi Interaksi dalam Menunjang Komunikasi Interpersonal” memaparkan hasil penelitian yang dilakukan pada karyawan PT Gudang Garam Tbk, antara April – Mei 2016, selama kurang lebih empat minggu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menjadi latar belakang seseorang menjadi social smoker serta perilaku social smoking yang digunakan sebagai bentuk adaptasi interaksi dalam menunjang komunikasi interpersonal. Teori yang digunakan adalah teori Komunikasi Interpersonal serta teori Adaptasi Interaksi. Jenis penelitian bersifat deskriptif-interpretif dengan menggunakan pendekatakan kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus instrumental dengan memanfaatkan observasi partisipan dan wawancara mendalam untuk memperoleh data. Wawancara mendalam dilakukan kepada empat karyawan perusahaan Gudang Garam yang mewakili Divisi Marketing – Brand, Procurement, Digital, Event, Design, Corporate, Legal Meeting Point. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku social smoking memiliki pengaruh terhadap peningkatan kualitas komunikasi interpersonal. Selain itu, terdapat beberapa faktor yang menjadi latar belakang seseorang dalam berperan sebagai social smoker, diantaranya adalah faktor kebutuhan, ekspektasi serta keinginan yang berasal dari dalam diri social smoker sebagai tujuan dari komunikasi.
id IOS6965.230
institution Universitas Multimedia Nusantara
institution_id 355
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara
library_id 306
collection Knowledge Center UMN
repository_id 6965
subject_area Business/Bisnis
Communication/Komunikasi
Art Apreciation/Apresiasi Seni
Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
city TANGERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6965
first_indexed 2019-04-04T01:19:33Z
last_indexed 2019-04-04T01:19:33Z
recordtype dc
_version_ 1683865361426939904
score 17.538404