Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh konstruksi perempuan stereotipe dalam iklan sampo di televisi yang hanya menampilkan sosok biologis perempuan seperti rambut panjang, hitam, berkilau, terurai. Profesi perempuan yang ditampilkan juga sebagai ibu rumah tangga atau penghuni dapur (domestik). Dengan latar belakang tersebut peneliti meneliti sebuah iklan sampo televisi yang tidak hanya menampilkan sosok biologis perempuan namun juga profesi perempuan di luar wilayah domestik. Peneliti memilih iklan sampo Dove bertema ‘Sisters in Beauty’ sebagai objek penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana feminisme perempuan direpresentasikan dalam iklan sampo Dove bertema ‘Sisters in Beauty’. Peneliti menggunakan teori iklan televisi, representasi, perempuan dalam iklan, feminisme, semiotika, dan semiotika Roland Barthes. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif serta dipertajam dengan menggunakan metode semiotika Roland Barthes sebagai teknik analisis data. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya simbol-simbol feminisme perempuan yang ditunjukkan dari penampilan gaya rambut dan pakaian Sarah Sechan, tampilan adegan Titi Sjuman bermain drum, dan penampilan Maia Estianty yang berbeda-beda dari segi gaya pakaian, gaya rambut, dan warna rambut. Simbol-simbol feminisme tersebut didasarkan pada ideologi feminisme yang menyangkut pembebasan perempuan dan kesetaraan terhadap perempuan.