ctrlnum 197
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/197/</relation><title>Representasi feminisme perempuan dalam iklan dove bertema 'Sisters in beauty' (Analisis semiotika Roland Barthes)</title><creator>Leonita, Leonita</creator><subject>H Social Sciences (General)</subject><subject>HQ1101-2030.7 Women. Feminism</subject><subject>P99-99.4 Semiotics. Signs and symbols</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh konstruksi perempuan stereotipe dalam iklan sampo di televisi yang hanya menampilkan sosok biologis perempuan seperti rambut panjang, hitam, berkilau, terurai. Profesi perempuan yang ditampilkan juga sebagai ibu rumah tangga atau penghuni dapur (domestik). Dengan latar belakang tersebut peneliti meneliti sebuah iklan sampo televisi yang tidak hanya menampilkan sosok biologis perempuan namun juga profesi perempuan di luar wilayah domestik. Peneliti memilih iklan sampo Dove bertema &#x2018;Sisters in Beauty&#x2019; sebagai objek penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana feminisme perempuan direpresentasikan dalam iklan sampo Dove bertema &#x2018;Sisters in Beauty&#x2019;. Peneliti menggunakan teori iklan televisi, representasi, perempuan dalam iklan, feminisme, semiotika, dan semiotika Roland Barthes. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif serta dipertajam dengan menggunakan metode semiotika Roland Barthes sebagai teknik analisis data. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya simbol-simbol feminisme perempuan yang ditunjukkan dari penampilan gaya rambut dan pakaian Sarah Sechan, tampilan adegan Titi Sjuman bermain drum, dan penampilan Maia Estianty yang berbeda-beda dari segi gaya pakaian, gaya rambut, dan warna rambut. Simbol-simbol feminisme tersebut didasarkan pada ideologi feminisme yang menyangkut pembebasan perempuan dan kesetaraan terhadap perempuan.</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/197/1/HALAMAN%20AWAL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/197/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/197/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/197/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/197/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/197/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/197/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Leonita, Leonita (2016) Representasi feminisme perempuan dalam iklan dove bertema 'Sisters in beauty' (Analisis semiotika Roland Barthes). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>197</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Leonita, Leonita
title Representasi feminisme perempuan dalam iklan dove bertema 'Sisters in beauty' (Analisis semiotika Roland Barthes)
publishDate 2016
topic H Social Sciences (General)
HQ1101-2030.7 Women. Feminism
P99-99.4 Semiotics. Signs and symbols
url http://kc.umn.ac.id/197/1/HALAMAN%20AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/197/2/BAB%20I.pdf
http://kc.umn.ac.id/197/3/BAB%20II.pdf
http://kc.umn.ac.id/197/4/BAB%20III.pdf
http://kc.umn.ac.id/197/5/BAB%20IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/197/6/BAB%20V.pdf
http://kc.umn.ac.id/197/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/197/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh konstruksi perempuan stereotipe dalam iklan sampo di televisi yang hanya menampilkan sosok biologis perempuan seperti rambut panjang, hitam, berkilau, terurai. Profesi perempuan yang ditampilkan juga sebagai ibu rumah tangga atau penghuni dapur (domestik). Dengan latar belakang tersebut peneliti meneliti sebuah iklan sampo televisi yang tidak hanya menampilkan sosok biologis perempuan namun juga profesi perempuan di luar wilayah domestik. Peneliti memilih iklan sampo Dove bertema ‘Sisters in Beauty’ sebagai objek penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana feminisme perempuan direpresentasikan dalam iklan sampo Dove bertema ‘Sisters in Beauty’. Peneliti menggunakan teori iklan televisi, representasi, perempuan dalam iklan, feminisme, semiotika, dan semiotika Roland Barthes. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif serta dipertajam dengan menggunakan metode semiotika Roland Barthes sebagai teknik analisis data. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya simbol-simbol feminisme perempuan yang ditunjukkan dari penampilan gaya rambut dan pakaian Sarah Sechan, tampilan adegan Titi Sjuman bermain drum, dan penampilan Maia Estianty yang berbeda-beda dari segi gaya pakaian, gaya rambut, dan warna rambut. Simbol-simbol feminisme tersebut didasarkan pada ideologi feminisme yang menyangkut pembebasan perempuan dan kesetaraan terhadap perempuan.
id IOS6965.197
institution Universitas Multimedia Nusantara
institution_id 355
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara
library_id 306
collection Knowledge Center UMN
repository_id 6965
subject_area Business/Bisnis
Communication/Komunikasi
Art Apreciation/Apresiasi Seni
Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
city TANGERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6965
first_indexed 2019-04-04T01:19:33Z
last_indexed 2019-04-04T01:19:33Z
recordtype dc
_version_ 1683865360548233216
score 17.538404