Perancangan Komunikasi Visual Kampanye untuk Kesehatan Pengguna Internet di Kalangan Remaja
Main Author: | Christie, Julianna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/1872/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/1872/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/1872/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/1872/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/1872/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/1872/6/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/1872/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/1872/ |
Daftar Isi:
- Penggunaan media komputer di masyarakat terus berkembang dengan pesat. Kegunaan komputer lazim untuk pekerjaan dan pendidikan, dan kemudian meluas menjadi bagian dari hiburan. Diantara sekian banyak kecanggihan dan manfaat yang didapat dari penggunaan komputer, terdapat ancaman serius bagi kesehatan penggunany, yakni penyakit yang ditimbulkan akibat penggunaan komputer dalam durasi yang lama dan terus menerus. Ancaman penyakit tersebut antara lain adalah gangguan penglihatan dan gangguan otot. Hal tersebut dirasa penting untuk dicarikan penyelesainnya dalam disiplin desain komunikasi visual, sehingga masyarakat khususnya pengguna komputer peduli akan kesehatannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode yang digunakan berupa pengumpulan data, grup diskusi dan observasi sebagai acuan dalam merancang sebuah kampanye sosial. Target utama dari kampanye ini adalah remaja pengguna komputer dengan rentang usia 15-19 tahun di daerah Tangerang khususnya Serpong. Pesan utama dalam kampanye ini adalah menggerakan tubuhnya sesekali ketika merasa lelah saat menggunakan komputer. Cara penyampaiannya adalah dengan menggunakan gaya bahasa non formal, pemilihan huruf dan warna karakter yang sesuai dengan karakter remaja. Kesimpulan ini nantinya akan digunakan sebagai dasar dalam perancangan media komunikasi visual. Media yang akan dibuat kampanye adalah poster, sticker, pin, flyer, t-shirt, mug dan logo kampanye.