Rancang bangun sistem informasi akademik dengan metode gamifikasi berbasis android
Main Author: | Setiana, Henry |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/1683/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/1683/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/1683/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/1683/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/1683/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/1683/6/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/1683/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/1683/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/1683/ |
Daftar Isi:
- Siswa seringkali malas dalam belajar dan bagaimana cara memotivasi siswa menjadi permasalahan dalam dunia pendidikan. Aplikasi ini dibangun dengan mengimplementasikan metode gamifikasi ke dalam sistem informasi akademik. Sistem informasi akademik adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menyajikan informasi dan menata administrasi yang berhubungan dengan kegiatan akademis. Diharapkan dengan mengimplementasikan metode gamifikasi dalam sistem dapat meningkatkan minat siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Gamifikasi sendiri adalah sebuah proses yang bertujuan mengubah non-game context menjadi jauh lebih menarik dengan mengintegrasikan game thinking, game design, dan game mechanics. Dari hasil penelitian dengan menggunakan 30 data responden disimpulkan bahwa sistem informasi akademik gamifikasi sudah berhasil dibangun dan metode gamifikasi sudah berhasil diimplementasikan untuk meningkatkan motivasi siswa dimana fitur yang paling berpengaruh adalah fitur point dan reward. Kata kunci: Sistem Informasi Akademik, Game, Game Design, Game Mechanics, Game Thinking, Gamifikasi.