Analisis Pengaruh Perceived Ease of Use terhadap Perceived Usefulness dan Perceived Enjoyment serta Implikasinya pada Intention to Use Platform KASKUS Podcast Telaah pada Pendengar Podcast

Main Author: Setiaji Soetasad, Alfonsus
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/15191/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/15191/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/15191/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/15191/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/15191/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/15191/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/15191/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/15191/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/15191/
Daftar Isi:
  • Internet telah menjadi teknologi yang sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi dan hiburan dari segala belahan dunia. Banyak pilihan bentuk hiburan dan informasi yang dapat diakses melalui internet, mulai dari konten hiburan dan informasi berbentuk tulisan, audio, visual dan juga audio-visual semua tersedia ketika seseorang mengakses internet. Salah satu jenis hiburan dan informasi yang dapat diakses masyarakat Indonesia dengan menggunakan internet adalah podcast. Podcast adalah salah satu konten yang berbentuk audio on demand. Dimana seseorang dengan leluasa dapat memilih konten audio berdasarkan minat dan ketertarikannya pada suatu bahasan atau topik yang spesifik. Saat ini terdapat berbagai platform untuk mendengarkan podcast, antara lain Apple Podcast, Spotify, Pocket Cast, Overcast, dan Google Podcast dan juga salah satu platform yang akan diteliti adalah KASKUS Podcast, dimana peneliti ingin mengetahui intensi penggunaan pada sebuah platform baru kepada para pendengar podcast. Model pada penelitian ini menggunakan model penelitian terdahulu milik Van der Heijden yaitu User Acceptance of Hedonic information System dimana terdapat 3 variabel yaitu Perceived ease of use, Perceived usefulness, dan Perceived enjoyment yang mempengaruhi Intention to use akan digunakan sebagai fokus utama dalam penelitian ini. Dalam penelitia ini terdapat 5 hipotesis yang telah diuji menggunakan metode SEM (Structural Equation Model). Pada penelitian ini menunjukan Perceived usefulness dan Perceived enjoyment, secara langsung mempengaruhi Intention to use dan Perceived enjoyment adalah faktor paling dominan untuk mempengaruhi Intention to use. Terkecuali, Perceived ease of use, faktor ini tidak mempengaruhi Intention to use secara langsung, melainkan melalui Perceived usefulness dan Perceived enjoyment secara tidak langsung.