ctrlnum 15112
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/15112/</relation><title>Selfie Journalism pada Media Daring di Indonesia (Studi Kasus: VOA Indonesia)</title><creator>Andayana, Syelanita</creator><subject>PN4699-5650 Journalism. The periodical press, etc.</subject><description>Oleh: Syelanita Media daring sebagai bentuk jurnalisme baru menuntut kecepatan dari sebuah informasi untuk kemudian disalurkan kepada masyarakat. Ketika teknologi terdahulu tidak mampu mengakomodasi kecepatan, smartphone hadir sebagai teknologi komunikasi, sekaligus perangkat jurnalistik yang mampu mengakomodasi kecepatan dalam penyebaran informasi. Untuk bertahan di era konvergensi, serta menjangkau audiensi yang terfragmentasi, perusahaanperusahaan media memanfaatkan media daring dan mengoptimalkan penggunaan smartphone dalam alur kerja jurnalistiknya dengan memadukan inovasi dalam teknik storytelling. Inovasi tersebut melahirkan selfie journalism yang menawarkan cara baru bagi jurnalis dalam bercerita dan mengemas suatu pemberitaan. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana tren selfie journalism diadaptasi pada media VOA Indonesia sebagai bentuk inovasi dari pengoptimalan smartphone di ruang redaksi. Selfie journalism dibedah melalui metode studi kasus menurut Robert E. Stake, dalam analisis mobile-first mindset oleh Adornato dan juga menggunakan konsep multimedia logic oleh Mark Deuze yang terbagi ke dalam empat perspektif sebagai kerangka teoretis. Analisis data kualitatif yang diperoleh dari wawancara mendalam dan analisis dokumen, mengungkapkan bahwa VOA pada divisi digital telah menggunakan pendekatan selfie journalism, sementara pada divisi televisi belum mengoptimalkan penggunaan smartphone dan selfie journalism. Dari temuan yang ada, bisa disimpulkan bahwa VOA Indonesia beradaptasi dengan audiensi yang telah berubah dengan cara mengimplementasikan selfie journalism dalam alur produksi yang mengedepankan pola pikir mobile-first, sehingga tahapan produksi melibatkan smartphone dan juga media sosial sebagai platform untuk mendistribusikan konten, dari segi sumber daya manusia (SDM), jurnalis juga dituntut untuk dapat multi-skilling.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/15112/1/HALAMAN_AWAL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/15112/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/15112/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/15112/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/15112/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/15112/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/15112/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/15112/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Andayana, Syelanita (2020) Selfie Journalism pada Media Daring di Indonesia (Studi Kasus: VOA Indonesia). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>15112</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Andayana, Syelanita
title Selfie Journalism pada Media Daring di Indonesia (Studi Kasus: VOA Indonesia)
publishDate 2020
topic PN4699-5650 Journalism. The periodical press
etc
url http://kc.umn.ac.id/15112/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/15112/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/15112/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/15112/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/15112/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/15112/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/15112/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/15112/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/15112/
contents Oleh: Syelanita Media daring sebagai bentuk jurnalisme baru menuntut kecepatan dari sebuah informasi untuk kemudian disalurkan kepada masyarakat. Ketika teknologi terdahulu tidak mampu mengakomodasi kecepatan, smartphone hadir sebagai teknologi komunikasi, sekaligus perangkat jurnalistik yang mampu mengakomodasi kecepatan dalam penyebaran informasi. Untuk bertahan di era konvergensi, serta menjangkau audiensi yang terfragmentasi, perusahaanperusahaan media memanfaatkan media daring dan mengoptimalkan penggunaan smartphone dalam alur kerja jurnalistiknya dengan memadukan inovasi dalam teknik storytelling. Inovasi tersebut melahirkan selfie journalism yang menawarkan cara baru bagi jurnalis dalam bercerita dan mengemas suatu pemberitaan. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana tren selfie journalism diadaptasi pada media VOA Indonesia sebagai bentuk inovasi dari pengoptimalan smartphone di ruang redaksi. Selfie journalism dibedah melalui metode studi kasus menurut Robert E. Stake, dalam analisis mobile-first mindset oleh Adornato dan juga menggunakan konsep multimedia logic oleh Mark Deuze yang terbagi ke dalam empat perspektif sebagai kerangka teoretis. Analisis data kualitatif yang diperoleh dari wawancara mendalam dan analisis dokumen, mengungkapkan bahwa VOA pada divisi digital telah menggunakan pendekatan selfie journalism, sementara pada divisi televisi belum mengoptimalkan penggunaan smartphone dan selfie journalism. Dari temuan yang ada, bisa disimpulkan bahwa VOA Indonesia beradaptasi dengan audiensi yang telah berubah dengan cara mengimplementasikan selfie journalism dalam alur produksi yang mengedepankan pola pikir mobile-first, sehingga tahapan produksi melibatkan smartphone dan juga media sosial sebagai platform untuk mendistribusikan konten, dari segi sumber daya manusia (SDM), jurnalis juga dituntut untuk dapat multi-skilling.
id IOS6965.15112
institution Universitas Multimedia Nusantara
institution_id 355
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara
library_id 306
collection Knowledge Center UMN
repository_id 6965
subject_area Business/Bisnis
Communication/Komunikasi
Art Apreciation/Apresiasi Seni
Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
city TANGERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6965
first_indexed 2020-12-19T03:52:30Z
last_indexed 2020-12-19T03:52:30Z
recordtype dc
_version_ 1686477468244901888
score 17.538404