Daftar Isi:
  • Di zaman modern ini, tentu banyak hal yang mengalami kemajuan, termasuk dalam hal belajar mengajar. Anak-anak yang berumur 1 hingga 5 tahun merupakan umur yang tepat untuk mempelajari hal baru, di karenakan anak memiliki photographic memory, dimana anak bisa mengingat sebuah gambar dari memori dengan melihat sekali saja, dan mengenali binatang merupakan salah satu cara untuk anak belajar. Aplikasi pengenalan nama binatang ini dibangun dengan menggunakan Augmented Reality, sebuah teknologi yang memungkinkan untuk memunculkan 3D Object ke dunia asli dalam layar device. Aplikasi ini juga memungkinkan anak untuk mendengarkan pelafalan nama binatang tersebut dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, dengan menggunakan AVSpeechSynthesizer. Aplikasi ini telah di evaluasi menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) dan kuesioner di isi oleh orang tua dari anak. Dari hasil kuesioner tersebut, di dapatkan 87.4% pengguna sangat setuju bahwa aplikasi pengenalan nama binatang ini dapat meningkatkan kinerja orang tua dalam mengajari anak nama binatang (Perceived Usefulness), dan 87.73% pengguna sangat setuju bahwa aplikasi pengenalan nama binatang ini dapat digunakan dengan mudah (Perceived Ease Of Use).