Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Pemograman Java dengan Metode Gamifikasi Berbasis Android
Main Author: | Christopher, Leon |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/14457/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/14457/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/14457/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/14457/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/14457/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/14457/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/14457/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/14457/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/14457/ |
Daftar Isi:
- Java adalah nama sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada komputer yang berdiri sendiri (stand alone) ataupun pada lingkungan jaringan. Namun, mahasiswa kurang tertarik untuk mempelajari bahasa pemograman Java. Oleh karena itu, timbulah ide untuk menggabungkan pembelajaran dengan game untuk meningkatkan ketertarikan mahasiswa untuk belajar bahasa pemograman Java. Penerapan gamifikasi pada android merupakan salah satu cara untuk memenuhi solusi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi pembelajaran Java dengan metode gamifikasi menggunakan framework Octalysis berbasis android dan mengukur tingkat acceptance mahasiswa terhadap aplikasi pembelajaran Java melalui android. Pengujian yang telah dilakukan kepada mahasiswa-mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara membuktikan bahwa penerapan gamifikasi dapat meningkatkan acceptance mahasiswa terhadap aplikasi pembelajaran bahasa pemograman Java. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, aplikasi telah dievaluasi menggunakan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology Model (UTAUT) mendapatkan hasil sebesar 74.27% yang menyatakan setuju dengan adanya metode Gamifikasi pada aplikasi pembelajaran bahasa pemograman Java melalui android diterima baik oleh mahasiswa.