ctrlnum 14418
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/14418/</relation><title>Perancangan Kampanye Sosial Edukasi Batasan Sharenting untuk Orang Tua</title><creator>Natasya, Gabriela</creator><subject>N Visual arts</subject><description>Sharenting adalah tindakan membagikan informasi tentang anak di media sosial baik berupa tulisan, foto, atau video oleh orang tua. Fenomena ini cukup banyak terjadi di Indonesia. Namun, tidak semua informasi mengenai anak aman untuk dibagikan di media sosial, yaitu identitas pribadi anak meliputi nama dan tanggal lahir serta dokumentasi ketika anak sedang mandi, berenang, mengenakan seragam sekolah, dan informasi mengenai lokasi anak karena dapat menimbulkan berbagai resiko seperti penculikan, pencurian identitas, penyalahgunaan foto di dunia maya, hingga tindak kejahatan oleh pedofil. Tetapi, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis terhadap orang tua yang berusia 21-34 tahun di wilayah Jakarta dalam bentuk kusioner serta wawancara, orang tua masih membagikan informasi-informasi mengenai anak yang tidak aman untuk dibagikan meskipun telah mengetahui resiko-resiko yang dapat terjadi. Hal ini menunjukkan bahwa orang tua berada dalam tahapan kontemplasi yang berarti telah mengetahui resiko yang akan diperoleh dari kebiasaannya namun belum memiliki komitmen untuk melakukan perubahan. Oleh karena itu, penulis merancang sebuah kampanye sosial untuk mengedukasi orang tua mengenai batasan dalam sharenting agar dapat melindungi anak dari resiko yang dapat terjadi dengan menyampaikan pesan bahwa setiap momen anak dapat dibagikan dengan cara yang lebih aman.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14418/1/HALAMAN_AWAL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14418/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14418/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14418/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14418/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14418/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14418/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14418/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Natasya, Gabriela (2019) Perancangan Kampanye Sosial Edukasi Batasan Sharenting untuk Orang Tua. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>14418</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Natasya, Gabriela
title Perancangan Kampanye Sosial Edukasi Batasan Sharenting untuk Orang Tua
publishDate 2019
topic N Visual arts
url http://kc.umn.ac.id/14418/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/14418/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/14418/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/14418/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/14418/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/14418/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/14418/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/14418/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/14418/
contents Sharenting adalah tindakan membagikan informasi tentang anak di media sosial baik berupa tulisan, foto, atau video oleh orang tua. Fenomena ini cukup banyak terjadi di Indonesia. Namun, tidak semua informasi mengenai anak aman untuk dibagikan di media sosial, yaitu identitas pribadi anak meliputi nama dan tanggal lahir serta dokumentasi ketika anak sedang mandi, berenang, mengenakan seragam sekolah, dan informasi mengenai lokasi anak karena dapat menimbulkan berbagai resiko seperti penculikan, pencurian identitas, penyalahgunaan foto di dunia maya, hingga tindak kejahatan oleh pedofil. Tetapi, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis terhadap orang tua yang berusia 21-34 tahun di wilayah Jakarta dalam bentuk kusioner serta wawancara, orang tua masih membagikan informasi-informasi mengenai anak yang tidak aman untuk dibagikan meskipun telah mengetahui resiko-resiko yang dapat terjadi. Hal ini menunjukkan bahwa orang tua berada dalam tahapan kontemplasi yang berarti telah mengetahui resiko yang akan diperoleh dari kebiasaannya namun belum memiliki komitmen untuk melakukan perubahan. Oleh karena itu, penulis merancang sebuah kampanye sosial untuk mengedukasi orang tua mengenai batasan dalam sharenting agar dapat melindungi anak dari resiko yang dapat terjadi dengan menyampaikan pesan bahwa setiap momen anak dapat dibagikan dengan cara yang lebih aman.
id IOS6965.14418
institution Universitas Multimedia Nusantara
institution_id 355
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara
library_id 306
collection Knowledge Center UMN
repository_id 6965
subject_area Business/Bisnis
Communication/Komunikasi
Art Apreciation/Apresiasi Seni
Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
city TANGERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6965
first_indexed 2020-12-19T03:51:41Z
last_indexed 2020-12-19T03:51:41Z
recordtype dc
_version_ 1686477465156845568
score 17.538404