Rancang Bangun Permainan Ritme Bertema Lagu Tradisional Indonesia Menggunakan Model Rapid Application Development Berbasis Android

Main Author: Edrick, Edrick
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/14130/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/14130/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/14130/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/14130/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/14130/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/14130/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/14130/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/14130/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/14130/
Daftar Isi:
  • Indonesia merupakan negara yang kaya akan kebudayaannya. Salah satu unsur kebudayaan dalam tatanan kehidupan sebuah masyarakat adalah lagu tradisional. Lagu-lagu tradisional di Indonesia memiliki pesan untuk diwariskan ke generasi muda khususnya anak-anak. Namun, banyak anak-anak tidak mengetahui sejarah bangsanya baik kebudayaannya, bahasa daerahnya, dan lagulagu tradisionalnya. Dunia mereka sudah teralihkan dan disibukkan dengan musik-musik barat, gaya yang kekinian, dan pengaruh permainan online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun aplikasi permainan ritme bertema lagu daerah Indonesia berbasis Android dengan menggunakan model Rapid Application Development (RAD). Permainan ini diharapkan dapat membantu anak-anak melestarikan lagu daerah. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan teknik pengujian blackbox dan User Acceptance Test. Permainan ini dibangun dengan menggunakan perangkat lunak Unity. Pengujian terhadap pengguna dilakukan dengan cara mengunjungi rumah anak-anak secara langsung. Permainan didemokan lalu dimainkan oleh anak-anak dan setelah dimainkan anak-anak mengisi kuesioner untuk menentukan performa dari permainan Folk Rhyme ini. Dari hasil pengujian User Acceptance Test, ratarata nilai sangat setuju penerimaan pengguna atas aplikasi yang dibuat adalah sebesar 65.62%.