Rancang Bangun Permainan Ritme Bertema Lagu Tradisional Indonesia Menggunakan Model Rapid Application Development Berbasis Android
Main Author: | Edrick, Edrick |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/14130/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/14130/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/14130/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/14130/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/14130/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/14130/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/14130/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/14130/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/14130/ |
ctrlnum |
14130 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/14130/</relation><title>Rancang Bangun Permainan Ritme Bertema Lagu Tradisional Indonesia Menggunakan Model Rapid Application Development Berbasis Android</title><creator>Edrick, Edrick</creator><subject>T58.5-58.64 Information technology</subject><description>Indonesia merupakan negara yang kaya akan kebudayaannya. Salah satu unsur kebudayaan dalam tatanan kehidupan sebuah masyarakat adalah lagu tradisional. Lagu-lagu tradisional di Indonesia memiliki pesan untuk diwariskan ke generasi muda khususnya anak-anak. Namun, banyak anak-anak tidak mengetahui sejarah bangsanya baik kebudayaannya, bahasa daerahnya, dan lagulagu tradisionalnya. Dunia mereka sudah teralihkan dan disibukkan dengan musik-musik barat, gaya yang kekinian, dan pengaruh permainan online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun aplikasi permainan ritme bertema lagu daerah Indonesia berbasis Android dengan menggunakan model Rapid Application Development (RAD). Permainan ini diharapkan dapat membantu anak-anak melestarikan lagu daerah. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan teknik pengujian blackbox dan User Acceptance Test. Permainan ini dibangun dengan menggunakan perangkat lunak Unity. Pengujian terhadap pengguna dilakukan dengan cara mengunjungi rumah anak-anak secara langsung. Permainan didemokan lalu dimainkan oleh anak-anak dan setelah dimainkan anak-anak mengisi kuesioner untuk menentukan performa dari permainan Folk Rhyme ini. Dari hasil pengujian User Acceptance Test, ratarata nilai sangat setuju penerimaan pengguna atas aplikasi yang dibuat adalah sebesar 65.62%.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14130/1/HALAMAN_AWAL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14130/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14130/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14130/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14130/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14130/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14130/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14130/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Edrick, Edrick (2020) Rancang Bangun Permainan Ritme Bertema Lagu Tradisional Indonesia Menggunakan Model Rapid Application Development Berbasis Android. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>14130</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Edrick, Edrick |
title |
Rancang Bangun Permainan Ritme Bertema Lagu Tradisional Indonesia Menggunakan Model Rapid Application Development Berbasis Android |
publishDate |
2020 |
topic |
T58.5-58.64 Information technology |
url |
http://kc.umn.ac.id/14130/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/14130/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/14130/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/14130/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/14130/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/14130/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/14130/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/14130/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/14130/ |
contents |
Indonesia merupakan negara yang kaya akan kebudayaannya. Salah satu unsur kebudayaan dalam tatanan kehidupan sebuah masyarakat adalah lagu tradisional. Lagu-lagu tradisional di Indonesia memiliki pesan untuk diwariskan ke generasi muda khususnya anak-anak. Namun, banyak anak-anak tidak mengetahui sejarah bangsanya baik kebudayaannya, bahasa daerahnya, dan lagulagu tradisionalnya. Dunia mereka sudah teralihkan dan disibukkan dengan musik-musik barat, gaya yang kekinian, dan pengaruh permainan online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun aplikasi permainan ritme bertema lagu daerah Indonesia berbasis Android dengan menggunakan model Rapid Application Development (RAD). Permainan ini diharapkan dapat membantu anak-anak melestarikan lagu daerah. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan teknik pengujian blackbox dan User Acceptance Test. Permainan ini dibangun dengan menggunakan perangkat lunak Unity. Pengujian terhadap pengguna dilakukan dengan cara mengunjungi rumah anak-anak secara langsung. Permainan didemokan lalu dimainkan oleh anak-anak dan setelah dimainkan anak-anak mengisi kuesioner untuk menentukan performa dari permainan Folk Rhyme ini. Dari hasil pengujian User Acceptance Test, ratarata nilai sangat setuju penerimaan pengguna atas aplikasi yang dibuat adalah sebesar 65.62%. |
id |
IOS6965.14130 |
institution |
Universitas Multimedia Nusantara |
institution_id |
355 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara |
library_id |
306 |
collection |
Knowledge Center UMN |
repository_id |
6965 |
subject_area |
Business/Bisnis Communication/Komunikasi Art Apreciation/Apresiasi Seni Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika |
city |
TANGERANG |
province |
BANTEN |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6965 |
first_indexed |
2020-12-19T03:51:21Z |
last_indexed |
2020-12-19T03:51:21Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686477463098490880 |
score |
17.538404 |