Rancang Bangun Permainan Ritme Bertema Lagu Tradisional Indonesia Menggunakan Model Rapid Application Development Berbasis Android

Main Author: Edrick, Edrick
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/14130/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/14130/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/14130/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/14130/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/14130/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/14130/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/14130/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/14130/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/14130/
ctrlnum 14130
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/14130/</relation><title>Rancang Bangun Permainan Ritme Bertema Lagu Tradisional Indonesia Menggunakan Model Rapid Application Development Berbasis Android</title><creator>Edrick, Edrick</creator><subject>T58.5-58.64 Information technology</subject><description>Indonesia merupakan negara yang kaya akan kebudayaannya. Salah satu unsur kebudayaan dalam tatanan kehidupan sebuah masyarakat adalah lagu tradisional. Lagu-lagu tradisional di Indonesia memiliki pesan untuk diwariskan ke generasi muda khususnya anak-anak. Namun, banyak anak-anak tidak mengetahui sejarah bangsanya baik kebudayaannya, bahasa daerahnya, dan lagulagu tradisionalnya. Dunia mereka sudah teralihkan dan disibukkan dengan musik-musik barat, gaya yang kekinian, dan pengaruh permainan online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun aplikasi permainan ritme bertema lagu daerah Indonesia berbasis Android dengan menggunakan model Rapid Application Development (RAD). Permainan ini diharapkan dapat membantu anak-anak melestarikan lagu daerah. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan teknik pengujian blackbox dan User Acceptance Test. Permainan ini dibangun dengan menggunakan perangkat lunak Unity. Pengujian terhadap pengguna dilakukan dengan cara mengunjungi rumah anak-anak secara langsung. Permainan didemokan lalu dimainkan oleh anak-anak dan setelah dimainkan anak-anak mengisi kuesioner untuk menentukan performa dari permainan Folk Rhyme ini. Dari hasil pengujian User Acceptance Test, ratarata nilai sangat setuju penerimaan pengguna atas aplikasi yang dibuat adalah sebesar 65.62%.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14130/1/HALAMAN_AWAL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14130/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14130/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14130/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14130/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14130/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14130/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/14130/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Edrick, Edrick (2020) Rancang Bangun Permainan Ritme Bertema Lagu Tradisional Indonesia Menggunakan Model Rapid Application Development Berbasis Android. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>14130</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Edrick, Edrick
title Rancang Bangun Permainan Ritme Bertema Lagu Tradisional Indonesia Menggunakan Model Rapid Application Development Berbasis Android
publishDate 2020
topic T58.5-58.64 Information technology
url http://kc.umn.ac.id/14130/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/14130/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/14130/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/14130/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/14130/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/14130/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/14130/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/14130/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/14130/
contents Indonesia merupakan negara yang kaya akan kebudayaannya. Salah satu unsur kebudayaan dalam tatanan kehidupan sebuah masyarakat adalah lagu tradisional. Lagu-lagu tradisional di Indonesia memiliki pesan untuk diwariskan ke generasi muda khususnya anak-anak. Namun, banyak anak-anak tidak mengetahui sejarah bangsanya baik kebudayaannya, bahasa daerahnya, dan lagulagu tradisionalnya. Dunia mereka sudah teralihkan dan disibukkan dengan musik-musik barat, gaya yang kekinian, dan pengaruh permainan online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun aplikasi permainan ritme bertema lagu daerah Indonesia berbasis Android dengan menggunakan model Rapid Application Development (RAD). Permainan ini diharapkan dapat membantu anak-anak melestarikan lagu daerah. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan teknik pengujian blackbox dan User Acceptance Test. Permainan ini dibangun dengan menggunakan perangkat lunak Unity. Pengujian terhadap pengguna dilakukan dengan cara mengunjungi rumah anak-anak secara langsung. Permainan didemokan lalu dimainkan oleh anak-anak dan setelah dimainkan anak-anak mengisi kuesioner untuk menentukan performa dari permainan Folk Rhyme ini. Dari hasil pengujian User Acceptance Test, ratarata nilai sangat setuju penerimaan pengguna atas aplikasi yang dibuat adalah sebesar 65.62%.
id IOS6965.14130
institution Universitas Multimedia Nusantara
institution_id 355
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara
library_id 306
collection Knowledge Center UMN
repository_id 6965
subject_area Business/Bisnis
Communication/Komunikasi
Art Apreciation/Apresiasi Seni
Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
city TANGERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6965
first_indexed 2020-12-19T03:51:21Z
last_indexed 2020-12-19T03:51:21Z
recordtype dc
_version_ 1686477463098490880
score 17.538404