Daftar Isi:
  • Oleh: William Alexander Penggunaan artis sebagai komunikator sebuah brand atau disebut brand ambassador banyak dilakukan pemasar, yang diharapkan bisa berpengaruh secara positif pada brand. Blackpink – kelompok artis Korea dipilih Samsung menjadi brand ambassador. Penelitian ini memfokuskan pada pengaruh Blackpink sebagai brand ambassador Samsung terhadap minat beli konsumen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Elaboration Likelihood Model yang menjelaskan tentang kemungkinan seseorang mengevaluasi informasi yang didapat baik secara kritis maupun tidak kritis. Lalu penelitian ini juga didukung oleh konsep daya tarik brand ambassador, integrated marketing communication, dan minat beli. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey yang bersifat eksplanatif. Populasi penelitian ini adalah followers akun instagram @Samsung_id yaitu sebanyak 150 responden dengan menyebar kuesioner online dan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh daya tarik Blackpink sebagai brand ambassador Samsung terhadap minat beli pelanggan yaitu sebesar 31,3%. Semakin terkenal artis tersebut maka penggemarnya akan semakin banyak dan sebagian besar penggemarnya akan membeli barang yang sama dengan artis tersebut.