Analisis Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Social Influence, Trust, dan Perceived Cost terhadap Intention to Use: Telaah pada Calon Pengguna Layanan KeSupermarket
Main Author: | Ongko, Harry |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/14063/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/14063/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/14063/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/14063/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/14063/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/14063/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/14063/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/14063/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/14063/ |
Daftar Isi:
- Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi terutama pada perkembangan internet, hal ini kemudian merubah pola konsumsi dari masyarakat. Perkembangan internet telah menggeser tren berbelanja dari belanja secara konvensional menjadi belanja online termasuk berbelanja groceries. PT. Supra Boga Lestari Tbk sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di industri retail pun melakukan inovasi dengan menciptakan KeSupermarket sebagai layanan online grocery. KeSupermarket ternyata mengalami penurunan yang cukup drastis terhadap jumlah new user setiap bulannya yang menunjukkan terjadinya penurunan niat konsumen untuk menggunakan layanan KeSupermarket. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui apakah perceived ease of use, perceived usefulness, social influence, trust, dan perceived cost memiliki pengaruh terhadap intention to use dari layanan KeSupermarket. Penelitian ini berjenis kuantitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner terhadap 121 orang responden secara online. Responden pada penelitian ini memiliki kriteria yaitu pria dan wanita yang berusia minimal 17 tahun yang berdomisili di Jabodetabek, mengetahui website KeSupermarket, pernah mengoperasikan atau menavigasi website KeSupermarket, namun belum pernah melakukan transaksi menggunakan website KeSupermarket. Pengolahan data dilakukan dengan teknik regresi linear menggunakan software IBM SPSS Statistics versi 25. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa perceived usefulness, social influence, trust, dan perceived cost memiliki pengaruh terhadap intention to use dari layanan KeSupermarket.