Perancangan Karakter pada Komik Interaktif untuk Mengajak Anak Mengonsumsi Sayuran
Main Author: | Geriano, Jeremia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/13912/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/13912/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/13912/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/13912/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/13912/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/13912/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/13912/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/13912/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/13912/ |
Daftar Isi:
- Sayuran adalah makanan yang penting bagi kesehatan sekaligus pertumbuhan anak. Anak tidak suka mengonsumsi sayuran karena sayuran memiliki rasa yang pahit dan rasa pahit tersebut sangat asing untuk anak. Gizi anak menjadi tidak seimbang dan beresiko mengalami gangguan pencernaan. Media komik adalah media yang cocok untuk anak karena mempunyai visual dan karakter yang disukai anak. Karakter mampu menyampaikan tujuan perancangan komik interaktif ini yaitu mengajak anak mengonsumsi sayuran. Dengan visual karakter yang menarik dan interaksi yang dimiliki karakter yang dapat dideterminasikan oleh pengguna dapat memperkuat pesan yang di sampaikan dan memotivasi penerima pesan yaitu anak-anak untuk mengonsumsi sayuran. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah kualitatif dan kuantitatif yaitu berupa studi referensi komik interaktif, wawancara dengan narasumber ahli, dan kuisioner dengan target pengguna. Data yang di dapat dari penelitian akan di gunakan untuk perancangan karakter. Hasil yang di dapat dari penelitian ini adalah motivasi anakanak untuk mengonsumsi sayuran yang semakin berkembang setelah termotivasi oleh karakter yang terdapat dalam komik interaktif ini.