Perancangan Karakter pada Komik Interaktif untuk Mengajak Anak Mengonsumsi Sayuran
Main Author: | Geriano, Jeremia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/13912/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/13912/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/13912/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/13912/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/13912/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/13912/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/13912/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/13912/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/13912/ |
ctrlnum |
13912 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/13912/</relation><title>Perancangan Karakter pada Komik Interaktif untuk Mengajak Anak Mengonsumsi Sayuran</title><creator>Geriano, Jeremia</creator><subject>N Visual arts</subject><description>Sayuran adalah makanan yang penting bagi kesehatan sekaligus pertumbuhan anak. Anak tidak suka mengonsumsi sayuran karena sayuran memiliki rasa yang pahit dan rasa pahit tersebut sangat asing untuk anak. Gizi anak menjadi tidak seimbang dan beresiko mengalami gangguan pencernaan. Media komik adalah media yang cocok untuk anak karena mempunyai visual dan karakter yang disukai anak. Karakter mampu menyampaikan tujuan perancangan komik interaktif ini yaitu mengajak anak mengonsumsi sayuran. Dengan visual karakter yang menarik dan interaksi yang dimiliki karakter yang dapat dideterminasikan oleh pengguna dapat memperkuat pesan yang di sampaikan dan memotivasi penerima pesan yaitu anak-anak untuk mengonsumsi sayuran. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah kualitatif dan kuantitatif yaitu berupa studi referensi komik interaktif, wawancara dengan narasumber ahli, dan kuisioner dengan target pengguna. Data yang di dapat dari penelitian akan di gunakan untuk perancangan karakter. Hasil yang di dapat dari penelitian ini adalah motivasi anakanak untuk mengonsumsi sayuran yang semakin berkembang setelah termotivasi oleh karakter yang terdapat dalam komik interaktif ini.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13912/1/HALAMAN_AWAL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13912/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13912/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13912/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13912/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13912/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13912/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13912/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Geriano, Jeremia (2020) Perancangan Karakter pada Komik Interaktif untuk Mengajak Anak Mengonsumsi Sayuran. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>13912</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Geriano, Jeremia |
title |
Perancangan Karakter pada Komik Interaktif untuk Mengajak Anak Mengonsumsi Sayuran |
publishDate |
2020 |
topic |
N Visual arts |
url |
http://kc.umn.ac.id/13912/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/13912/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/13912/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/13912/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/13912/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/13912/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/13912/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/13912/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/13912/ |
contents |
Sayuran adalah makanan yang penting bagi kesehatan sekaligus pertumbuhan anak. Anak tidak suka mengonsumsi sayuran karena sayuran memiliki rasa yang pahit dan rasa pahit tersebut sangat asing untuk anak. Gizi anak menjadi tidak seimbang dan beresiko mengalami gangguan pencernaan. Media komik adalah media yang cocok untuk anak karena mempunyai visual dan karakter yang disukai anak. Karakter mampu menyampaikan tujuan perancangan komik interaktif ini yaitu mengajak anak mengonsumsi sayuran. Dengan visual karakter yang menarik dan interaksi yang dimiliki karakter yang dapat dideterminasikan oleh pengguna dapat memperkuat pesan yang di sampaikan dan memotivasi penerima pesan yaitu anak-anak untuk mengonsumsi sayuran. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah kualitatif dan kuantitatif yaitu berupa studi referensi komik interaktif, wawancara dengan narasumber ahli, dan kuisioner dengan target pengguna. Data yang di dapat dari penelitian akan di gunakan untuk perancangan karakter. Hasil yang di dapat dari penelitian ini adalah motivasi anakanak untuk mengonsumsi sayuran yang semakin berkembang setelah termotivasi oleh karakter yang terdapat dalam komik interaktif ini. |
id |
IOS6965.13912 |
institution |
Universitas Multimedia Nusantara |
institution_id |
355 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara |
library_id |
306 |
collection |
Knowledge Center UMN |
repository_id |
6965 |
subject_area |
Business/Bisnis Communication/Komunikasi Art Apreciation/Apresiasi Seni Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika |
city |
TANGERANG |
province |
BANTEN |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6965 |
first_indexed |
2020-12-19T03:51:13Z |
last_indexed |
2020-12-19T03:51:13Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686477462191472640 |
score |
17.538404 |