Daftar Isi:
  • Oleh : Putri Ayu Melihat banyaknya hoaks-hoaks kesehatan pada internet dan media sosial, PT Kalbe Farma Tbk., sebagai perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan dan memedulikan kesehatan masyarakat, membentuk satu Divisi khusus, yaitu Kalbe Ethical Customer Care (KECC), yang bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi kesehatan kepada masyarakat awam. Oleh karena itu, hal menarik untuk dikaji dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui strategi yang dibuat oleh Divisi Kalbe Ethical Customer Care (KECC) dalam memberikan edukasi kesehatan pada khalayak. Konsep-konsep yang digunakan adalah konsep customer care, perencanaan dan strategi komunikasi. Jenis penelitian ini kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumen dan wawancara, yang dilakukan kepada lima orang narasumber yang terkait langsung dalam perencanaan strategi komunikasi KECC. Teknis analisis yang digunakan adalah penjodohan pola. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KECC menggunakan strategi proaktif, dengan taktik utama mengadakan seminar awam secara offline. Selain itu, KECC juga menggunakan buku, radio, televisi, dan media online sebagai saluran edukasi. Komunikator yang digunakan adalah dokter spesialis dengan pesan yang disesuaikan dengan tema bulanan atau merupakan hasil diskusi. Strategi pesan dan saluran ditentukan dengan mempertimbangkan faktor edukasi dan faktor non edukasi masyarakat, meskipun belum seluruh wilayah dilakukan pemetaan tersebut. Apabila ditinjau dari model KAP, strategi yang digunakan KECC ini mungkin dapat mencapai hasil perubahan perilaku yang diharapkan oleh KECC.