ctrlnum 13621
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/13621/</relation><title>Strategi Komunikasi Divisi Kalbe Ethical Customer Care (KECC) dalam Memberikan Edukasi Kesehatan pada Khalayak</title><creator>Ayu, Putri</creator><subject>HD30 Strategic Communication</subject><description>Oleh : Putri Ayu Melihat banyaknya hoaks-hoaks kesehatan pada internet dan media sosial, PT Kalbe Farma Tbk., sebagai perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan dan memedulikan kesehatan masyarakat, membentuk satu Divisi khusus, yaitu Kalbe Ethical Customer Care (KECC), yang bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi kesehatan kepada masyarakat awam. Oleh karena itu, hal menarik untuk dikaji dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui strategi yang dibuat oleh Divisi Kalbe Ethical Customer Care (KECC) dalam memberikan edukasi kesehatan pada khalayak. Konsep-konsep yang digunakan adalah konsep customer care, perencanaan dan strategi komunikasi. Jenis penelitian ini kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumen dan wawancara, yang dilakukan kepada lima orang narasumber yang terkait langsung dalam perencanaan strategi komunikasi KECC. Teknis analisis yang digunakan adalah penjodohan pola. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KECC menggunakan strategi proaktif, dengan taktik utama mengadakan seminar awam secara offline. Selain itu, KECC juga menggunakan buku, radio, televisi, dan media online sebagai saluran edukasi. Komunikator yang digunakan adalah dokter spesialis dengan pesan yang disesuaikan dengan tema bulanan atau merupakan hasil diskusi. Strategi pesan dan saluran ditentukan dengan mempertimbangkan faktor edukasi dan faktor non edukasi masyarakat, meskipun belum seluruh wilayah dilakukan pemetaan tersebut. Apabila ditinjau dari model KAP, strategi yang digunakan KECC ini mungkin dapat mencapai hasil perubahan perilaku yang diharapkan oleh KECC.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13621/1/HALAMAN_AWAL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13621/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13621/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13621/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13621/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13621/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13621/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13621/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Ayu, Putri (2020) Strategi Komunikasi Divisi Kalbe Ethical Customer Care (KECC) dalam Memberikan Edukasi Kesehatan pada Khalayak. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>13621</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Ayu, Putri
title Strategi Komunikasi Divisi Kalbe Ethical Customer Care (KECC) dalam Memberikan Edukasi Kesehatan pada Khalayak
publishDate 2020
topic HD30 Strategic Communication
url http://kc.umn.ac.id/13621/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/13621/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/13621/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/13621/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/13621/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/13621/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/13621/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/13621/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/13621/
contents Oleh : Putri Ayu Melihat banyaknya hoaks-hoaks kesehatan pada internet dan media sosial, PT Kalbe Farma Tbk., sebagai perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan dan memedulikan kesehatan masyarakat, membentuk satu Divisi khusus, yaitu Kalbe Ethical Customer Care (KECC), yang bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi kesehatan kepada masyarakat awam. Oleh karena itu, hal menarik untuk dikaji dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui strategi yang dibuat oleh Divisi Kalbe Ethical Customer Care (KECC) dalam memberikan edukasi kesehatan pada khalayak. Konsep-konsep yang digunakan adalah konsep customer care, perencanaan dan strategi komunikasi. Jenis penelitian ini kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumen dan wawancara, yang dilakukan kepada lima orang narasumber yang terkait langsung dalam perencanaan strategi komunikasi KECC. Teknis analisis yang digunakan adalah penjodohan pola. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KECC menggunakan strategi proaktif, dengan taktik utama mengadakan seminar awam secara offline. Selain itu, KECC juga menggunakan buku, radio, televisi, dan media online sebagai saluran edukasi. Komunikator yang digunakan adalah dokter spesialis dengan pesan yang disesuaikan dengan tema bulanan atau merupakan hasil diskusi. Strategi pesan dan saluran ditentukan dengan mempertimbangkan faktor edukasi dan faktor non edukasi masyarakat, meskipun belum seluruh wilayah dilakukan pemetaan tersebut. Apabila ditinjau dari model KAP, strategi yang digunakan KECC ini mungkin dapat mencapai hasil perubahan perilaku yang diharapkan oleh KECC.
id IOS6965.13621
institution Universitas Multimedia Nusantara
institution_id 355
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara
library_id 306
collection Knowledge Center UMN
repository_id 6965
subject_area Business/Bisnis
Communication/Komunikasi
Art Apreciation/Apresiasi Seni
Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
city TANGERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6965
first_indexed 2020-12-19T03:50:54Z
last_indexed 2020-12-19T03:50:54Z
recordtype dc
_version_ 1686477460793720832
score 17.538404