Peran Kinerja Pemasok dalam Membangun Kepercayaan dan Kesetiaan Perusahaan: Studi Kasus pada PT Witami Tunai Mandiri (TrueMoney Indonesia)

Main Author: Yosefa Agatha, Margareta
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/13589/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/13589/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/13589/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/13589/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/13589/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/13589/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/13589/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/13589/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/13589/
Daftar Isi:
  • Dalam suatu bisnis, hubungan antara perusahaan dengan pemasok merupakan salah satu hal yang penting. Oleh karena itu kepercayaan dan kesetiaan dalam hubungan antara perusahaan dengan pemasoknya harus dibangun dengan baik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat membangun kepercayaan dan kesetiaan perusahaan terhadap pemasoknya dengan menguji, memberikan bukti-bukti empiris, dan menganalisa pengaruh kinerja pemasok yang terdiri dari product quality, sales service quality, technical repair service, dan complaint handling service terhadap trust in supplier dan trust in supplier terhadap customer loyalty. Objek dalam penelitian ini adalah karyawan dari salah satu perusahaan financial technology, yaitu PT Witami Tunai Mandiri (TrueMoney Indonesia) yang memiliki hubungan langsung maupun tidak langsung dengan pemasok. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Kuesioner diberikan kepada responden dalam bentuk google form. Dari 110 kuesioner yang dibagikan, hanya terdapat 107 kuesioner yang dapat digunakan. Untuk menganalisis hubungan dilakukan dengan metode Structural Equation Model – Partial Least Square (SEM-PLS) menggunakan software smartPLS dan variabel mediasi dianalisis menggunakan analisa jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kinerja pemasok yang terdiri dari product quality, sales service quality, technical repair service, dan complaint handling service memiliki pengaruh signifikan terhadap trust in supplier, (2) Trust in supplier memiliki pengaruh signifikan terhadap customer loyalty, dan (3) Trust in supplier mampu menjadi mediasi pada hubungan antara product quality, sales service quality, technical repair service, dan complaint handling service dengan customer loyalty.