ctrlnum 13453
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/13453/</relation><title>Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Pertolongan Pertama Menggunakan Metode Gamifikasi Berbasis Mobile</title><creator>Hariyanto, Malvin</creator><subject>T58.5-58.64 Information technology</subject><description>Cedera dapat terjadi kapanpun dan dimanapun baik dari yang ringan sampai dengan yang berat. Perlu diberikannya penanganan yang tepat agar cedera tersebut tidak bertambah parah, menimbulkan kecacatan atau bahkan menyebabkan hilangnya nyawa. Berdasarkan hal tersebut, pertolongan pertama patut untuk dipelajari oleh orang awam sekalipun. Dengan adanya pemahaman dasar mengenai pertolongan pertama terhadap orang awam, maka dapat mencegah kondisi pasien menjadi jauh lebih buruk lagi. Selain itu, motivasi juga merupakan salah satu faktor penting yang diperlukan untuk meningkatkan minat masyarakat dalam mempelajari pertolongan pertama. Berdasarkan dari hal tersebut, penelitian ini dirancang menggunakan metode gamifikasi sebagai komponen dasar untuk meningkatkan motivasi. Penelitian ini bermaksud untuk merancang dan membangun aplikasi pembelajaran pertolongan pertama menggunakan metode gamifikasi berbasis mobile dengan menggunakan framework Octalysis serta mengetahui behavioural intention to use dan immersion yang diuji dan diukur melalui kuesioner yang menggunakan model Hedonic Motivation System Adoption Model (HMSAM). Pengujian telah dilakukan dan membuktikan bahwa gamifikasi dapat memotivasi pengguna untuk dapat belajar mengenai pertolongan pertama. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan menggunakan kuesioner HMSAM, pengguna menyatakan sangat setuju bahwa aplikasi yang telah dirancang dan dibangun dapat meningkatkan penggunaan kembali (behavioural intention to use) dengan nilai persentase 80,85%, dan setuju bahwa pengguna dapat merasa terbawa suasana (immersion) saat menggunakan aplikasi ini dengan nilai persentase 68,38%.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13453/1/HALAMAN_AWAL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13453/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13453/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13453/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13453/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13453/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13453/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13453/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Hariyanto, Malvin (2020) Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Pertolongan Pertama Menggunakan Metode Gamifikasi Berbasis Mobile. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>13453</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Hariyanto, Malvin
title Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Pertolongan Pertama Menggunakan Metode Gamifikasi Berbasis Mobile
publishDate 2020
topic T58.5-58.64 Information technology
url http://kc.umn.ac.id/13453/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/13453/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/13453/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/13453/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/13453/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/13453/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/13453/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/13453/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/13453/
contents Cedera dapat terjadi kapanpun dan dimanapun baik dari yang ringan sampai dengan yang berat. Perlu diberikannya penanganan yang tepat agar cedera tersebut tidak bertambah parah, menimbulkan kecacatan atau bahkan menyebabkan hilangnya nyawa. Berdasarkan hal tersebut, pertolongan pertama patut untuk dipelajari oleh orang awam sekalipun. Dengan adanya pemahaman dasar mengenai pertolongan pertama terhadap orang awam, maka dapat mencegah kondisi pasien menjadi jauh lebih buruk lagi. Selain itu, motivasi juga merupakan salah satu faktor penting yang diperlukan untuk meningkatkan minat masyarakat dalam mempelajari pertolongan pertama. Berdasarkan dari hal tersebut, penelitian ini dirancang menggunakan metode gamifikasi sebagai komponen dasar untuk meningkatkan motivasi. Penelitian ini bermaksud untuk merancang dan membangun aplikasi pembelajaran pertolongan pertama menggunakan metode gamifikasi berbasis mobile dengan menggunakan framework Octalysis serta mengetahui behavioural intention to use dan immersion yang diuji dan diukur melalui kuesioner yang menggunakan model Hedonic Motivation System Adoption Model (HMSAM). Pengujian telah dilakukan dan membuktikan bahwa gamifikasi dapat memotivasi pengguna untuk dapat belajar mengenai pertolongan pertama. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan menggunakan kuesioner HMSAM, pengguna menyatakan sangat setuju bahwa aplikasi yang telah dirancang dan dibangun dapat meningkatkan penggunaan kembali (behavioural intention to use) dengan nilai persentase 80,85%, dan setuju bahwa pengguna dapat merasa terbawa suasana (immersion) saat menggunakan aplikasi ini dengan nilai persentase 68,38%.
id IOS6965.13453
institution Universitas Multimedia Nusantara
institution_id 355
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara
library_id 306
collection Knowledge Center UMN
repository_id 6965
subject_area Business/Bisnis
Communication/Komunikasi
Art Apreciation/Apresiasi Seni
Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
city TANGERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6965
first_indexed 2020-12-19T03:50:40Z
last_indexed 2020-12-19T03:50:40Z
recordtype dc
_version_ 1686477460034551808
score 17.538404