ctrlnum 13354
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/13354/</relation><title>Strategi Redaksi Detikcom dalam Meningkatkan Audience Engagement di Instagram</title><creator>Azkiya, Gulman</creator><subject>HD30 Strategic Communication</subject><description>Berkembangnya jurnalisme digital dan meningkatnya penggunaan media sosial, membuat persaingan media berita dalam menarik perhatian publik semakin kompetitif. Beberapa media sudah mulai menaruh perhatianya kepada audience dalam menarik perhatian publik dengan menggunakan audience engagement. Pada penelitian ini peneliti menggunakan Instagram sebagai objek penelitian. Hal ini dikarenakan berdasarkan Social Media Industry Benchmark Report 2018, Instagram memiliki rata-rata engagement lebih tinggi dari Facebook yang angka penggunanya paling tinggi di Indonesia. Oleh karena itu, di dalam kondisi yang semakin kompetitif dibutuhkan strategi dari redaksi agar dapat meningkatkan audience engagement terutama di media sosial. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan konsep editorial strategies dari Adornato (2017) untuk menganalisis dan mengidentifikasi strategi redaksi Detikcom dalam upaya meningkatkan audience engagement di Instagram. Sehingga penelitian ini dapat memberikan deskripsi dan pemahaman baru mengenai konsep editorial strategies dalam penerapannya pada redaksi berita, terutama untuk meningkatkan audience engagement di media sosial. Pada konsep editorial strategies dari Adornato (2017) terdapat tiga faktor utama yaitu, kepercayaan, pemanfaatan media sosial, dan pendekatan dengan audience di media sosial. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan sifat deskriptif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus dengan memfokuskan pengumpulan data pada wawancara dan studi dokumen. Hasil pada penelitian ini yaitu pada penerapan konsep editorial strategies di redaksi Detikcom, beberapa faktor yang diterapkan tidak dilakukan secara lengkap seperti, authentic engagement, kerja sama dengan providers media sosial dan penentuan waktu unggahan.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13354/1/HALAMAN_AWAL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13354/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13354/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13354/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13354/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13354/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13354/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/13354/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Azkiya, Gulman (2019) Strategi Redaksi Detikcom dalam Meningkatkan Audience Engagement di Instagram. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>13354</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Azkiya, Gulman
title Strategi Redaksi Detikcom dalam Meningkatkan Audience Engagement di Instagram
publishDate 2019
topic HD30 Strategic Communication
url http://kc.umn.ac.id/13354/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/13354/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/13354/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/13354/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/13354/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/13354/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/13354/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/13354/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/13354/
contents Berkembangnya jurnalisme digital dan meningkatnya penggunaan media sosial, membuat persaingan media berita dalam menarik perhatian publik semakin kompetitif. Beberapa media sudah mulai menaruh perhatianya kepada audience dalam menarik perhatian publik dengan menggunakan audience engagement. Pada penelitian ini peneliti menggunakan Instagram sebagai objek penelitian. Hal ini dikarenakan berdasarkan Social Media Industry Benchmark Report 2018, Instagram memiliki rata-rata engagement lebih tinggi dari Facebook yang angka penggunanya paling tinggi di Indonesia. Oleh karena itu, di dalam kondisi yang semakin kompetitif dibutuhkan strategi dari redaksi agar dapat meningkatkan audience engagement terutama di media sosial. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan konsep editorial strategies dari Adornato (2017) untuk menganalisis dan mengidentifikasi strategi redaksi Detikcom dalam upaya meningkatkan audience engagement di Instagram. Sehingga penelitian ini dapat memberikan deskripsi dan pemahaman baru mengenai konsep editorial strategies dalam penerapannya pada redaksi berita, terutama untuk meningkatkan audience engagement di media sosial. Pada konsep editorial strategies dari Adornato (2017) terdapat tiga faktor utama yaitu, kepercayaan, pemanfaatan media sosial, dan pendekatan dengan audience di media sosial. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan sifat deskriptif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus dengan memfokuskan pengumpulan data pada wawancara dan studi dokumen. Hasil pada penelitian ini yaitu pada penerapan konsep editorial strategies di redaksi Detikcom, beberapa faktor yang diterapkan tidak dilakukan secara lengkap seperti, authentic engagement, kerja sama dengan providers media sosial dan penentuan waktu unggahan.
id IOS6965.13354
institution Universitas Multimedia Nusantara
institution_id 355
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara
library_id 306
collection Knowledge Center UMN
repository_id 6965
subject_area Business/Bisnis
Communication/Komunikasi
Art Apreciation/Apresiasi Seni
Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
city TANGERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6965
first_indexed 2020-12-19T03:50:40Z
last_indexed 2020-12-19T03:50:40Z
recordtype dc
_version_ 1686477459483000832
score 17.538404