Analisis Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Dan Subcultural Appeal Terhadap Attitude Towards Smartwatch Serta Implikasinya Terhadap Behavioral Intention To Use; Telaah Pada Pengguna Apple Watch Di Indonesia Dengan Technology Acceptance Model

Main Author: Giofany, Citra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/1332/1/HALAMAN%20AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/1332/2/BAB%20I.pdf
http://kc.umn.ac.id/1332/3/BAB%20II.pdf
http://kc.umn.ac.id/1332/4/BAB%20III.pdf
http://kc.umn.ac.id/1332/5/BAB%20IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/1332/6/BAB%20V.pdf
http://kc.umn.ac.id/1332/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/1332/9/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/1332/
Daftar Isi:
  • Dengan semakin berkembangnya teknologi, jenis perangkat teknologi semakin bervariasi. Smartwatch sebagai salah satu wearable technology yang masih dianggap baru memiliki potensi besar di masa depan. Akan tetapi, masih sedikit penelitian ilmiah yang menganalisis tingkat penerimaan konsumen terhadap perangkat teknologi ini, khususnya smartwatch dengan merek Apple Watch di Indonesia. Apple Watch merupakan smartwatch dengan market share tertinggi di dunia yang mengalami ancaman di pasar oleh smartwatch-smartwatch Android yang mulai banyak diluncurkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis psychological determinant yang merupakan faktor kunci adopsi Apple Watch di Indonesia (mobility (MB) dan subcultural appeal (SA) dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) untuk mengukur behavioural intention to use (BI) para penggunanya di Indonesia. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan menggunakan kuisioner online. Data diolah dengan software AMOS Graphic 22 (n = 141). Uji validitas dan reliabilitas diukur dengan menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA), sedangkan hubungan antarvariabel dan model penelitian dianalisa menggunakan teknik Structural Equation Modelling (SEM). Penelitian ini menghasilkan temuan utama bahwa keinginan para pengguna Apple Watch di Indonesia untuk tetap menggunakan Apple Watch tersebut di masa depan (BI) dipengaruhi oleh persepsi pengguna akan fungsi dasar (PU) dan sikap pengguna terhadap Apple Watchnya (AT). Di mana, semakin Apple Watch dianggap berguna dan dipandang baik, maka semakin tinggi keinginan pengguna untuk tetap menggunakannya di masa depan. Perusahaan dapat menaikkan kelas penggunanya dengan cara lebih banyak melakukan partnership dengan premium-premium brand selain Hermes dan Nike. Selain itu, Apple juga dapat melakukan kerja sama dengan pihak ketiga untuk menambah keuntungan pengguna sehingga pengguna tetap ingin menggunakannya di masa depan.