Analisis Strategi Marketing Communication PT Tokopedia dalam Memperluas Pasar (Studi Kasus dalam Grand Launching Tokopedia Center Rural)
Main Author: | Dio, Marcello |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/13191/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/13191/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/13191/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/13191/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/13191/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/13191/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/13191/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/13191/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/13191/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi marketing communication Tokopedia dalam memperluas pasar khususnya dalam kegiatan grand launching Tokopedia Center Rural. Konsep dan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Marketing Communication Planning Framework dalam menganalisis kegiatan marketing communication dalam kegiatan grand launching Tokopedia Center Rural. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivism dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode studi kasus milik Robert K Yin.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara dan observasi. Key informan dalam penelitian ini adalah Beta Aegis Maulani selaku Senior Business Operations di Tokopedia dan Joni Iskandar selaku Business Operations Specialist di Tokopedia. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan pattern matching dengan teknik pengukuran keabsahan data uji validitas internal. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan marketing communication khususnya personal selling dan sales promotion efektif dalam menarik minat pengguna baru khususnya dalam kegiatan grand launching Tokopedia Center Rural. Kesimpulan dalam penelitian ini kegiatan marketing communication yang dilakukan Tokopedia dalam grand launching Tokopedia Center Rural menggunakan personal selling dan sales promotion, dan dalam penelitian ditemukan bahwa kegiatan marketing communication Tokopedia dalam grand launching Tokopedia Center Rural efektif dalam memperluas pasar Tokopedia.