Daftar Isi:
  • Pada penelitian ini, peneliti ingin mengetahui lebih lanjut mengenai implementasi program CSR Bank Sampah yang dikembangkan oleh Kompas Gramedia. Peneliti memfokuskan penelitian ini dengan meneliti Bank Sampah yang ada di RW 02 Gelora. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori dan konsep yang dijadikan sebagai landasan dari penelitian ini. Teori yang peneliti gunakan adalah Corporate Communication dan CSR. Peneliti menggunakan konsep utama yaitu CSR Process Model Coombs & Holladay. Selain itu peneliti menggunakan konsep sustainable development, bank sampah, serta konsep community development. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivistik dengan jenis penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode studi kasus Robert K. Yin. Peneliti menggunakan wawancara sebagai data primer, dan observasi langsung serta dokumentasi sebagai data sekunder yang dapat menunjang data primer. Hasil penelitian ini menunjukkan program CSR Bank Sampah Kompas Gramedia termasuk ke dalam cause promotions dan corporate social marketing. Implementasi program Bank Sampah khususnya di RW 02 Gelora secara garis besar sudah sesuai dengan CSR Process Model dan terdapat penerapan community development pada program Bank Sampah RW 02 Gelora.